Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Bagian I Penuntun Doa Alkitabiah Selama 31 Hari

Indeks Buku2: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN I ~~ PENUNTUN DOA ALKITABIAH SELAMA 31 HARI

Nomor Judul
DAFTAR DOA SELAMA 31 HARI (tanpa teks ayat)
  1. Hari ke-31

DAFTAR DOA SELAMA 31 HARI (tanpa teks ayat)

Tujuh Penuntun Doa Berdasarkan Doa Bapa Kami Sebuah Pola Yang Dapat Diikuti

Kemerdekaan ~~ Doa:

Hari 31

Doa untuk Menghampiri Allah

Wahyu 22:16* Renungkanlah untuk mengungkapkan pikiran-pikiran anda pada saat anda menghampiri Allah surgawi.

Doa Pujian

Wahyu 5:12* Berhentilah untuk mengungkapkan puji-pujian anda, baik melalui penyembahan maupun ucapan syukur.

Doa Penegasan

2Timotius 3:16-17* Hayatilah agar penegasan-penegasan ini sungguh-sungguh meresap dalam diri anda.

Doa untuk Kebutuhan-kebutuhan

3Yohanes 1:2-4* Pergumulkanlah untuk mendoakan kebutuhan-kebutuhan anda serta kebutuhan-kebutuhan orang lain yang Allah ingatkan dalam pikiran anda.

Doa Pengakuan Dosa

Yakobus 5:16* Pikirkanlah dan mintalah kepada Allah agar Ia mengingatkan anda akan dosa-dosa khusus yang perlu pengampunan Allah, lalu akuilah.

Doa untuk Kemenangan Rohani

1Yohanes 2:15-17* Berhentilah untuk berdoa bagi kemenangan rohani, baik diri sendiri maupun orang lain jika ada.

Doa Penutup

Wahyu 7:12*



Kemerdekaan ~~ Doa:

Hari 31

Doa untuk Menghampiri Allah

"Aku, Yesus, telah mengutus malaikatKu untuk memberi kesaksian tentang semuanya ini kepadamu bagi jemaat-jemaat. Aku adalah tunas, yaitu keturunan Daud, bintang timur yang gilang-gemilang." Wahyu 22:16*

Renungkanlah untuk mengungkapkan pikiran-pikiran anda pada saat anda menghampiri Allah surgawi.

Doa Pujian

"Katanya dengan suara nyaring: "Anak Domba yang disembelih itu layak untuk menerima kuasa, dan kekayaan, dan hikmat, dan kekuatan, dan hormat, dan kemuliaan, dan puji-pujian!" Wahyu 5:12*

Berhentilah untuk mengungkapkan puji-pujian anda, baik melalui penyembahan maupun ucapan syukur.

Doa Penegasan

"Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik." 2Timotius 3:16-17*

Hayatilah agar penegasan-penegasan ini sungguh-sungguh meresap dalam diri anda.

Doa untuk Kebutuhan-kebutuhan

"Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja. Sebab aku sangat bersukacita, ketika beberapa saudara datang dan memberi kesaksian tentang hidupmu dalam kebenaran, sebab memang engkau hidup dalam kebenaran. Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran." 3Yohanes 1:2-4*

Pergumulkanlah untuk mendoakan kebutuhan-kebutuhan anda serta kebutuhan-kebutuhan orang lain yang Allah ingatkan dalam pikiran anda.

Doa Pengakuan Dosa

"Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya." Yakobus 5:16*

Pikirkanlah dan mintalah kepada Allah agar Ia mengingatkan anda akan dosa-dosa khusus yang perlu pengampunan Allah, lalu akuilah.

Doa untuk Kemenangan Rohani

"Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mangasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya." 1Yohanes 2:15-17*

Berhentilah untuk berdoa bagi kemenangan rohani, baik diri sendiri maupun orang lain jika ada.

Doa Penutup

"Amin! puji-pujian dan kemuliaan dan hikmat dan syukur, dan kekuatan bagi Allah kita sampai selama-lamanya! Amin!" Wahyu 7:12*




Bagian I: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN I ~~ PENUNTUN DOA ALKITABIAH SELAMA 31 HARI

Tujuh PENUNTUN DOA Berdasarkan Doa Bapa Kami

Kita tentu ingin agar kita dapat berdoa secara efektif dan menikmati kedekatan dengan Allah. Akan tetapi seringkali kita merasa tak mampu dan tak pasti ketika kita berdoa.

Bagaimana cara kita berdoa?
Hal-hal apa saja yang kita doakan?

Jika kita sungguh-sungguh memperhatikan contoh doa yang Yesus berikan dalam Matius 6:9-13*, kita akan menemukan TUJUH prinsip yang harus selalu menjadi penuntun bagi doa-doa kita:

  1. Doa untuk Menghampiri Allah

  2. "Bapa kami yang di surga." Kita MENGHAMPIRI Allah di dalam doa dengan menyebut salah satu dari sekian nama yang disandang-Nya, untuk mengungkapkan rasa hormat kita akan kemuliaan-Nya.

  3. Doa Pujian

  4. "Dikuduskanlah nama-Mu." Kita MEMUJI Dia, yang kepada-Nya doa kita dipanjatkan. Berdasarkan ayat-ayat lain, kita dapat mempelajari bahwa pujian mencakup Penyembahan, yaitu penghormatan kita kepada Allah oleh karena keberadaan-Nya, dan Ucapan Syukur, yaitu penghormatan kita kepada Allah oleh karena perbuatan-Nya.

  5. Doa Penegasan

  6. "Datanglah kerajaan-Mu, jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di surga." Dengan menyebutkan kehendak dan rencana Allah, kita MENEGASKAN, bahwa kita sependapat dengan hal itu serta menyerahkan diri kita pada kehendak dan rencana-Nya.

  7. Doa untuk Kebutuhan-kebutuhan

  8. "Berikanlah kepada kami hari ini, makanan kami yang secukupnya." Dalam #/TB Matius 7:7-11*, Allah mondorong kita agar kita secara jelas menyampaikan KEBUTUHAN-KEBUTUHAN kita secara pribadi kepada Allah dan juga kebutuhan- kebutuhan orang lain juga.

  9. Doa Pengakuan Dosa

  10. "Ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami." Kita harus menjaga agar hati kita selalu bersih dari dosa, yaitu dengan MENGAKUI dosa-dosa kita dan menerima pengampunan-Nya.

  11. Doa untuk Kemenangan Rohani

  12. "Dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami daripada yang jahat." Kita terus-menerus berhadapan dengan pencobaan yang akan membawa kita kepada dosa. Berdoalah agar sarana-sarana dari Allah akan memberikan KEMENANGAN ROHANI bagi anda maupun orang lain.

  13. Doa Penutup

  14. "Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya. Amin."

Dalam PENUTUP DOA kita, kita meninggikan Tuhan kemudian mengakhiri doa kita.

[Lanjutan]



Bagian I: KEMERDEKAAN DI DALAM KRISTUS

BAGIAN I ~~ PENUNTUN DOA ALKITABIAH SELAMA 31 HARI

Sebuah Pola yang Dapat Diikuti

Ada begitu banyak bagian dalam Firman Tuhan yang dapat dimasukkan ke dalam TUJUH kategori ini. Doa-doa pada halaman-halaman berikut ini seluruhnya diambil dari Kitab suci dan dikategorikan menurut TUJUH prinsip yang ada dalam Doa Bapa Kami.

  1. Doa untuk Menghampiri Allah
  2. Doa Pujian
  3. Doa Penegasan
  4. Doa untuk Kebutuhan-kebutuhan
  5. Doa Pengakuan Dosa
  6. Doa untuk Kemenangan Rohani
  7. Doa Penutup

Doa-doa dan kebenaran-kebenaran yang Alkitabiah ini dituliskan dengan maksud untuk memimpin anda dalam kehidupan doa dan ibadah pribadi. Dengan membaca ke-TUJUH PENUNTUN DOA yang Alkitabiah ini setiap hari, doa-doa anda pribadi akan lebih menggairahkan. Penuntun tersebut dibuat dengan maksud agar dapat mendukung kehidupan doa anda sehingga semakin luas dan dalam.

Penuntun-penuntun Alkitabiah ini juga dituliskan sebagai dasar bagi kelompok doa dan penyembahan. Setelah penuntun ini digunakan berulang kali, maka hal itu tidak lagi semata-mata menjadi sebuah contoh doa, tetapi pola pikir serta keyakinan orang-orang tentang hidup yang bisa dinikmati sebagai "ciptaan-ciptaan baru di dalam Kristus" akan terbentuk. Hal itupun akan menguatkan mereka sehubungan dengan hak-hak istimewa yang mereka miliki di dalam Kristus.


Komentar