Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 008 - Konseling yang Efektif

Beberapa waktu yang lalu ada pembaca e-Konsel yang menanyakan mengapa e-Konsel tidak membahas kasus-kasus konseling, tapi sebaliknya e-Konsel hanya memuat artikel-artikel. Melalui edisi ini kami ingin menjelaskan bahwa artikel/tips/bimbingan Alkitab dan bahan-bahan lain yang diterbitkan e-Konsel bertujuan selain untuk memberikan dasar pengetahuan tentang konseling juga untuk memperluas wawasan kita tentang berbagai aspek kehidupan, yang secara khusus berhubungan dengan masalah-masalah konseling. Diharapkan melalui bahan-bahan tsb. kita dapat sedikit demi sedikit belajar tentang hal- hal yang memiliki potensi untuk menjadi masalah (atau hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya masalah) sehingga kita bisa lebih peka dalam menolong orang lain (atau diri sendiri) -- tetapi kadang- kadang kita juga akan membahas kasus yang relevan (tanya-jawab).

Pada edisi kali ini, misalnya, kami menyajikan artikel tentang aspek penting dari =konseling yang efektif=, tujuannya adalah agar kita (yang akan/sudah melayani konseling) bisa lebih diperlengkapi. Pengetahuan tentang konseling sangat luas. Ada banyak yang perlu kita pelajari agar kita dapat menolong orang lain secara bertanggung- jawab, khususnya karena setiap pribadi adalah unik. Satu metode konseling kadang cocok untuk satu orang tapi belum tentu cocok untuk orang lain. Karena itu kita perlu belajar berbagai metode konseling dan aspek-aspek yang berkaitan.

Sebagai dasar pelayanan konseling yang efektif, pengetahuan teologia sangat penting untuk dimiliki oleh seorang konselor Kristen -- oleh karena itu kami juga menginformasikan Program PESTA bagi mereka yang ingin mengikuti sekolah teologia jarak jauh (dengan internet) -- [lihat di kolom Info].

Selamat membaca, Staf Redaksi

Komentar