Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Konsep Diri

Edisi C3I: e-Konsel 233 - Berdamai dengan Diri Sendiri

Konsep diri merupakan cara seseorang memandang atau menggambarkan dirinya. Kita dapat memiliki gambaran yang baik dan menyenangkan tentang diri kita. Sebaliknya, kita juga bisa memunyai gambaran yang buruk tentang diri sendiri.

Konsep diri merupakan bagian yang sangat penting dalam kepribadian dan hidup kita, karena selain menyangkut aspek pengetahuan, juga menyangkut aspek perasaan. Konsep diri menentukan bagaimana kita bereaksi atau menanggapi dunia di luar kita, dan menentukan juga sejauh mana kita puas dengan hidup kita.

Konsep diri sebetulnya relatif stabil, tapi tetap dapat berubah secara perlahan. Kita bisa mengubahnya seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, kita tidak harus terus-menerus tersiksa dan dibelenggu oleh gambaran diri yang buruk. Ketika gambaran diri kita semakin membaik, kita pun semakin mampu menghargai diri sehingga relasi kita dengan Tuhan dan orang lain pun semakin baik pula. Tapi sekali lagi proses ini membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Jika kita memiliki konsep diri yang baik, kita akan merasakan betapa berharganya diri kita. Kita tidak akan mudah kecewa dan kecil hati karena diremehkan atau dihina orang lain. Selain itu, kita pun tidak mudah dipatahkan oleh penderitaan. Karena merasa diri berharga, kita pun terdorong untuk lebih memerhatikan orang lain.

Konsep diri haruslah didasarkan pada pandangan yang objektif dan sehat, sebagaimana yang diwahyukan Tuhan di dalam Alkitab. Dengan dasar ini, kita akan lebih mampu menghargai dan menerima diri, serta memiliki kehidupan yang lebih memuaskan di dunia ini.

Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan, apakah manusia sehingga Engkau mengingatnya? Apakah anak manusia, sehingga Engkau mengindahkannya? Namun Engkau telah membuatnya hampir sama seperti Allah, dan telah memahkotainya dengan kemuliaan dan hormat. (Mazmur 8:4-6)

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : TELAGA.org
Alamat URL : http://telaga.org/audio/konsep_diri
Judul transkrip : Konsep Diri (T173A)
Penulis : Pdt. Dr. Paul Gunadi
Tanggal akses : 5 Februari 2011

Komentar