Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

TELAGA

TELAGA

TELAGA

TELAGA

Mengajarkan Anak Menggunakan Uang

Edisi C3I: e-Konsel 94 - Mengatur Keuangan Keluarga

Cinta akan uang bisa muncul dari dua situasi yang bertolak belakang, yaitu:

  1. Kita dibesarkan di lingkungan dimana uang berlimpah, sehingga kita bisa menikmati hidup dengan mudahnya. Oleh karena itu, kita menjadi terbiasa dengan keberadaan uang di kantong kita, tanpa disadari terbentuklah hubungan cinta antara kita dan uang itu.

  2. Hidup yang sangat sulit dimana susah sekali membeli kenikmatan hidup karena tidak tersedianya uang.

Dua kondisi ini sama-sama berbahaya, sebab Tuhan berkata: "Ini adalah akar, akar dari segala kejahatan."

Hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak menggunakan uang: ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T072B (e-Konsel Edisi 094)

Mengenal Kasih Berdasarkan 1 Korintus 13:1-13

Salah satu sifat utama Allah adalah kasih. Allah pun ingin kita sebagai anak-anak-Nya juga memiliki kasih seperti yang diajarkan-Nya melalui Rasul Paulus. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi supaya kita bisa memiliki kasih yang benar. Mari kita simak ringkasan perbincangan Pdt. Paul Gunadi berikut ini, yang menjabarkan apakah kasih itu. Selamat menyimak. MENGENAL KASIH BERDASARKAN 1 KORINTUS 13:1-13

T: Mengapa Rasul Paulus, ketika menulis surat kepada jemaat di Korintus, ini justru menuliskan tentang kasih?

J: Alasan yang paling penting adalah Rasul Paulus sedang memberikan teguran kepada jemaat di Korintus. Mereka adalah jemaat yang menerima karunia besar dari Tuhan, karunia-karunia Roh Kudus, dan gereja yang dinamis sekali. ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T093B (e-Konsel Edisi 177)

1001 Akal Membantu Anak Belajar

Anak kita memiliki ciri perkembangannya yang khas dalam belajar pada tiap masa kehidupannya.

Sebagai orang tua, kita dapat menjadi penolong yang jauh lebih efektif bila kita memahami apa yang dibutuhkan anak kita sesuai dengan masa pertumbuhannya. Berikut akan kami sampaikan beberapa hal yang dapat kita lakukan agar anak-anak kita dapat menguasai keterampilan belajar secara lebih optimal. Pada saat yang sama, kita pun dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang sering terjadi. Dalam banyak hal, karena kurangnya pemahaman, banyak orang tua tanpa disadari justru menghambat tumbuhnya keterampilan belajar pada anak-anaknya.

Masa Prasekolah ... baca selengkapnya »

Kepercayaan Diri

Edisi C3I: e-Konsel 164 - Masalah Tidak Percaya Diri

Ada dua aspek besar di dalam kepercayaan diri. Aspek diri itu sendiri. Yang dimaksud diri bukan hanya tubuh jasmani, namun yang lebih penting lagi adalah substansi dari diri kita. Yaitu siapa kita menurut pandangan kita dan juga yang terpenting adalah memunyai suatu kekuatan dari dalam diri kita sehingga saat kita mengarungi hidup, kita tidak merasa sebagai orang yang tersesat, terkatung-katung tanpa arah, sebab kita memunyai substansi atau suatu isi dari dalam diri kita. Aspek memercayai diri. Jadi

Ada dua aspek besar di dalam kepercayaan diri.

  1. Aspek diri itu sendiri.
    Yang dimaksud diri bukan hanya tubuh jasmani, namun yang lebih penting lagi adalah substansi dari diri kita. Yaitu siapa kita menurut pandangan kita dan juga yang terpenting adalah memunyai suatu kekuatan dari dalam diri kita sehingga saat kita mengarungi hidup, kita tidak merasa sebagai orang yang tersesat, terkatung-katung tanpa arah, sebab kita memunyai substansi atau suatu isi dari dalam diri kita.

  2. Sumber
    Judul Artikel: 
    TELAGA - kaset No. T014B (e-Konsel Edisi 164)

Anak dan Video Games

Edisi C3I: e-Konsel 161 - Anak dan Video Games

Ada orang memberi nama abad kita sekarang ini sebagai abad informasi, abad telekomunikasi, atau abad teknologi tinggi. Saya memanggil abad ini sebagai abad layar karena kalau kita perhatikan, banyak hal yang sekarang kita lakukan, itu dilakukan di depan layar. Yang sekarang sedang marak dan populer adalah permainan video game atau play station. Biasanya video game dan play station ada beberapa jenis: Ada yang untuk hiburan. Ada game yang memang hanya bersifat hiburan, tidak ada tantangan-tantangan

Ada orang memberi nama abad kita sekarang ini sebagai abad informasi, abad telekomunikasi, atau abad teknologi tinggi. Saya memanggil abad ini sebagai abad layar karena kalau kita perhatikan, banyak hal yang sekarang kita lakukan, itu dilakukan di depan layar. Yang sekarang sedang marak dan populer adalah permainan video game atau play station. ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T066B (e-Konsel Edisi 161)

Pertolongan dan Bimbingan Rohani Bagi Korban Bencana

  1. Sikap melayani.

  2. Datanglah dengan penuh kerendahan hati dan kelembutan. Jangan menyuruh-nyuruh atau memerintahnya, apalagi bersikap kasar terhadapnya. Ingatlah, ia telah kehilangan mungkin hampir segalanya dan yang tersisa hanyalah dirinya. Perlakukan dia dengan penuh hormat sebagai seorang manusia -- sesama kita manusia!

  3. Kebutuhan fisik.

  4. Langkah pertolongan pertama terpusat pada aspek fisik, misalkan penampungan sementara, penyediaan air bersih, makanan, serta aspek kesehatan dan kebersihan lainnya.

  5. Informasi yang jelas, konsisten, dan berkala.

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T206A (e-Konsel Edisi 160)

Hidup Dengan Pasangan Yang Tidak Seiman

Memilih pasangan hidup bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal yang sulit jika kita mau mengikuti aturan-aturan yang telah Tuhan tetapkan. Sebagai orang Kristen, salah satu aturannya, kita hanya boleh menikah dengan sesama orang percaya atau yang seiman. Lalu, bagaimana jika kita sudah terlanjur menikah dengan orang yang belum percaya? Jika hal ini terjadi pada Anda, berikut ini ringkasan langkah-langkah yang diberikan oleh Pdt. Dr. Paul Gunadi untuk menyikapinya. ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
TELAGA - Kaset T068B
Penerbit: 
--

Pemuda dan Tantangannya

Edisi C3I: e-Konsel 73 - Pemuda dan Masalah-Masalahnya

Memang ada ungkapan yang mengatakan bahwa masa muda adalah masa yang paling indah, tapi kita juga tahu jika pada masa muda itu kita membuat keputusan yang salah maka akibatnya bisa fatal. Jadi, masa muda adalah masa yang paling menentukan dalam hidup seseorang. Pada masa ini pemuda banyak mengalami pergumulan hidup dan tantangan. Seperti apakah pergumulan dan tantangan itu? Simak ringkasan tanya jawab di bawah ini bersama Pdt. Dr. Paul Gunadi, Ph.D.

PEMUDA DAN TANTANGANNYA

T: Hidup sebagai pemuda memang banyak tantangannya. Pemuda harus bergumul menentukan karier dan pasangan hidupnya. Ini merupakan bagian yang cukup sulit yang harus dihadapi oleh pemuda. Bagaimana dengan semua itu? ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No.T143B (e-Konsel Edisi 073)

Seks dalam Berpacaran

Edisi C3I: e-Konsel 71 - Seks Pranikah

Masa berpacaran adalah masa untuk saling mengenal bagi dua pribadi dengan tujuan akhir untuk menjadi pasangan hidup yang saling melengkapi. Pada masa-masa ini, tentu saja ada batasan-batasan yang tidak boleh dilanggar oleh kedua individu tersebut. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, batas-batas itu lama-kelamaan menjadi samar-samar dan bahkan dilanggar. Seks adalah batas utama, tetapi juga merupakan batas yang saat ini sudah menjadi hal yang biasa dilanggar. Bagaimana kita menyikapinya agar kita tidak semakin tergoda untuk melanggar batasan ini? Simak tanya-jawab berikut ini dengan nara sumber: Pdt. Dr. Paul Gunadi, Ph.D. ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T61B (e-Konsel Edisi 071)

Seks di tengah Kita

Edisi C3I: e-Konsel 70 - Seks dalam Kehidupan Kristen

Tuhan menciptakan manusia dilengkapi dengan berbagai kebutuhan dan keinginannya, tetapi Tuhan juga menghendaki manusia agar mampu mengendalikan kebutuhan dan keinginannya tersebut sesuai dengan pedoman yang telah Ia berikan. Tanya-jawab dengan nara sumber Pdt. Dr. Paul Gunadi Ph.D. berikut ini, kami harapkan bisa melengkapi pengetahuan Anda mengenai keberadaan seks dalam kehidupan kita. Selamat menyimak!

T : Seks itu merupakan pemberian Tuhan, bagaimana kita menggunakan seks itu sesuai dengan pedoman yang Tuhan berikan? ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset T61A (e-Konsel Edisi 070)

Komentar


Syndicate content