Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Malas Belajar

Dewasa ini, banyak orang tua mengeluh bahwa anak mereka malas belajar dan kesenangannya hanyalah bermain. Pertanyaannya adalah, mengapa?

  1. Sekarang bersekolah telah melebihi pekerjaan purnawaktu, dan anak membutuhkan porsi waktu santai yang lebih besar.

  2. Kebanyakan proses pembelajaran di sekolah masih mengandalkan metode menghafal dan penjelasan yang abstrak. Metode ini sangat kontras dengan permainan anak yang merangsang kreativitas. Itu sebabnya, banyak anak tidak menyukai pelajaran sekolah dan memilih bermain.

  3. Secara kodrati, memang anak berada pada tahap kehidupan di mana tugas utamanya adalah bermain, bukan belajar. Dengan kata lain, belajar merupakan tugas yang bertentangan dengan kodrat manusiawi anak.

Jika demikian, apa yang harus orang tua lakukan?

  1. Sediakan (jadwalkan) waktu bermain, jangan sampai bermain merupakan waktu sisa (jika masih ada waktu). Bila anak memunyai energi yang tinggi, jadwalkan aktivitas yang menguras tenaga.

  2. Gunakan ilustrasi yang berasal dari dunia anak. Banyak konsep abstrak dalam pelajaran yang memerlukan pengejawantahan.

  3. Terima keterbatasan anak. Jika daya tangkapnya lemah, ia memerlukan pengulangan dan kejelasan. Kadang, anak tidak bisa berkonsentrasi untuk jangka yang panjang. Jadi, izinkan anak untuk beristirahat sejenak.

  4. Ciptakan suasana santai. Jangan sampai anak ketakutan, sebab anak tidak akan dapat belajar di tengah suasana yang tegang.

  5. Tekankan kepada anak bahwa yang terpenting bukanlah nilai, melainkan pembelajaran itu sendiri. Yang kita tuntut adalah usaha, bukan hasil akhir.

  6. Jangan korbankan relasi kita dengan anak hanya gara-gara masalah belajar.

Firman Tuhan: "Seperti bapa sayang kepada anak-anaknya, demikian Tuhan sayang kepada orang-orang yang takut akan Dia. Sebab Dia sendiri tahu apa kita, Dia ingat bahwa kita ini debu." (Mazmur 103:13-14)

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Nama situs : TELAGA.org
Alamat URL : http://telaga.org/audio/malas_belajar
Judul transkrip : Malas Belajar (T160B)
Penulis : Pdt. Dr. Paul Gunadi
Tanggal akses : 22 Maret 2011

Komentar