Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Perayaan yang Berharga!

Hari ulang tahun adalah peristiwa yang spesial. Ketika masih muda, kita menanti-nantikan hari ulang tahun kita. Sangat menyenangkan ketika usia kita bertambah pada tahun berikutnya, mengadakan pesta ulang tahun, dan merayakannya bersama teman-teman kita. Akan tetapi, saat kita semakin tua, kita tentu tidak begitu menanti-nantikan datangnya hari ulang tahun kita. Saya rasa karena kita semakin tua, tubuh kita sudah tidak lagi seperti sedia kala.

Saat kita menyadari kelahiran baru kita di dalam Kristus, ini adalah saat yang luar biasa. Ulang tahun rohani kita harus dirayakan sama spesialnya dengan ulang tahun kita secara jasmani. Beberapa dari kita mungkin tidak tahu kapan tepatnya tanggal ulang tahun rohani kita, kita biasanya hanya mengira-ngira. Tanggal tersebut bukanlah pokok permasalahannya, namun merayakan penerimaan Kristus sebagai Juru Selamat kita setiap tahunnya pasti menyenangkan. Kita tidak perlu takut dengan usia kita di dalam Kristus karena bersama Dia, hidup kita akan menjadi semakin manis. Ini tidak berarti bahwa kita akan mengarungi sepanjang kehidupan tanpa masalah, tetapi Kristus memberi kita anugerah dan kasih yang menolong kita untuk mengatasi tahun-tahun yang akan datang. Sungguh menggairahkan bila seiring bertambahnya usia, kita tahu bahwa sukacita berada bersama Dia di surga semakin dekat. Kristus memberikan banyak hal kepada kita ketika kita menjadi anak-Nya dan menerima Dia sebagai Juru Selamat.

Mari kita rayakan!

  1. Kado ulang tahun -- Kristus memberi kita anugerah hidup kekal di dalam Dia.

    "Yesus menjawab, kata-Nya: 'Aku berkata kepadamu, sesungguhnya jika seorang tidak dilahirkan kembali, ia tidak dapat melihat Kerajaan Allah.'" (Yohanes 3:3) "Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal." (Yohanes 3:16)

  2. Balon ulang tahun -- Kristus memberikan Roh Kudus kepada kita untuk mengangkat hidup kita. Roh Kudus hadir untuk menuntun dan menghibur kita.

    "Pada waktu itu Dia telah menyelamatkan kita, bukan karena perbuatan baik yang telah kita lakukan, tetapi karena rahmat-Nya oleh permandian kelahiran kembali dan oleh pembaharuan yang dikerjakan oleh Roh Kudus." (Titus 3:5)

    "Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterimanya dari pada-Ku." (Yohanes 16:13-14)

  3. Piring dan cangkir pesta -- Kristus memberikan firman-Nya kepada kita untuk dinikmati dan memberi perintah kepada kita tentang bagaimana kita menjalani hidup baru.

    "Dan jadilah sama seperti bayi yang baru lahir, yang selalu ingin akan air susu yang murni dan yang rohani, supaya olehnya kamu bertumbuh dan beroleh keselamatan." (1 Petrus 2:2)

  4. Topi pesta ulang tahun -- Kristus memberikan topi kepada kita untuk dikenakan dan tempat yang cocok di dalam keluarga baru ini. Dia memberikan talenta dan karunia kepada kita untuk membangun Tubuh Kristus.

    "Tetapi kepada tiap-tiap orang dikaruniakan penyataan Roh untuk kepentingan bersama. Sebab kepada yang seorang Roh memberikan karunia untuk berkata-kata dengan hikmat, dan kepada yang lain Roh yang sama memberikan karunia berkata-kata dengan pengetahuan. Kepada yang seorang Roh yang sama memberikan iman, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menyembuhkan. Kepada yang seorang Roh memberikan kuasa untuk mengadakan mukjizat, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk bernubuat, dan kepada yang lain lagi Ia memberikan karunia untuk membedakan bermacam-macam roh. Kepada yang seorang Ia memberikan karunia untuk berkata-kata dengan bahasa roh, dan kepada yang lain Ia memberikan karunia untuk menafsirkan bahasa roh itu. Tetapi semuanya ini dikerjakan oleh Roh yang satu dan yang sama, yang memberikan karunia kepada tiap-tiap orang secara khusus, seperti yang dikehendaki-Nya. Banyak anggota, tetapi satu tubuh. Karena sama seperti tubuh itu satu dan anggota-anggotanya banyak, dan segala anggota itu, sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, demikian pula Kristus. Sebab dalam satu Roh kita semua, baik orang Yahudi, maupun orang Yunani, baik budak, maupun orang merdeka, telah dibaptis menjadi satu tubuh dan kita semua diberi minum dari satu Roh. Karena tubuh juga tidak terdiri dari satu anggota, tetapi atas banyak anggota." (1 Korintus 12:7-14)

  5. Pita-pita atau Kaleng "Silly String" (kaleng yang di dalamnya berisi semacam pita-pita fleksibel yang berwarna-warni, yang disemprotkan saat merayakan pesta) -- Kristus memberikan kehidupan yang berharga kepada kita. Hidup baru kita begitu mengasyikkan dan mengagumkan untuk dijalani. Kita memiliki masa depan ketika kita memiliki hidup baru di dalam Kristus.

    "Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan." (Yohanes 10:10) "Lihatlah, betapa besarnya kasih yang dikaruniakan Bapa kepada kita, sehingga kita disebut anak-anak Allah, dan memang kita adalah anak-anak Allah. Karena itu dunia tidak mengenal kita, sebab dunia tidak mengenal Dia. Saudara-saudaraku yang kekasih, sekarang kita adalah anak-anak Allah, tetapi belum nyata apa keadaan kita kelak; akan tetapi kita tahu, bahwa apabila Kristus menyatakan diri-Nya, kita akan menjadi sama seperti Dia, sebab kita akan melihat Dia dalam keadaan-Nya yang sebenarnya." (1 Yohanes 3:1-2)

    "Terpujilah Allah dan Bapa Tuhan kita Yesus Kristus, yang karena rahmat-Nya yang besar telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh pengharapan, untuk menerima suatu bagian yang tidak dapat binasa, yang tidak dapat cemar dan yang tidak dapat layu, yang tersimpan di sorga bagi kamu." (1 Petrus 1:3-4)

  6. Kantong permen -- Kristus memberikan janji-janji agung kepada kita. Itulah "permen manis" yang dapat kita peroleh dari pesta dan itu berlaku seumur hidup. Ini merupakan salah satu kegembiraan besar karena kita telah memiliki hidup baru di dalam Kristus.

    "Dengan jalan itu Ia telah menganugerahkan kepada kita janji-janji yang berharga dan yang sangat besar, supaya olehnya kamu boleh mengambil bagian dalam kodrat ilahi, dan luput dari hawa nafsu duniawi yang membinasakan dunia." (2 Petrus 1:4)

  7. Trompet pesta -- Kristus memberi kita kabar untuk diberitakan! Kita tidak boleh menyimpan hidup baru di dalam Dia bagi diri sendiri. Kita harus memberitakan Kabar Baik ini.

    "Lalu Ia berkata kepada mereka: 'Pergilah ke seluruh dunia, beritakanlah Injil kepada segala makhluk.'" (Markus 16:15)

Kesimpulan

Abraham Lincoln berkata, "Dan akhirnya, bukan tahun di dalam hidup Anda yang berharga, tetapi kehidupan dalam tahun-tahun Anda." Bukankah hal ini benar? Sebagai orang Kristen, kita telah diberi kehidupan yang sepenuhnya baru di dalam Kristus dan apa yang akan kita lakukan dengan hidup ini? Kita harus menjalankan hidup yang menyenangkan Tuhan. Kita sudah dilahirkan di dalam keluarga-Nya.

"Dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya." (Efesus 4:24) "Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru: yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5:17)

Hari ulang tahun kita di dalam Tuhan adalah sesuatu yang spesial. Dia sangat mengasihi kita dan sungguh merupakan suatu sukacita bisa menjadi bagian dari keluarga-Nya. Hidup kita harus merefleksikan bahwa kita adalah anak-anak-Nya. Kita harus membuat hidup kita berharga bagi Dia. (t/Setya)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : Creative Ladies Ministry
Alamat URL : http://www.juliabettencourt.com/dev/birthdaydev.html
Judul asli artikel : Worth Celebrating!
Penulis : Julia Bettencourt
Tanggal akses : 29 Agustus 2012

Dalam perayaan ulang tahun e-Konsel yang ke-11 ini, kami sungguh mengakui bahwa pelayanan kami ada karena kasih karunia Kristus. Kami rindu pelayanan e-Konsel selanjutnya semakin berkembang dan semakin menyenangkan hati Tuhan. Kami rindu mengajak Pembaca e-Konsel untuk berdoa bersama agar kehendak Tuhan dinyatakan melalui pelayanan kami.

Pokok Doa

  1. Mari kita bersatu hati dalam doa kepada sang Konselor sejati, Tuhan Yesus Kristus, agar pelayanan e-Konsel (situs C3I, komunitas Facebook Konsel, Twitter Sabdakonsel, dan Forum Konseling) semakin berkembang dan memberkati para konselor Kristen baik dalam dunia maya maupun dunia nyata.

  2. Doakanlah agar Tuhan mengirimkan staf e-Konsel yang kompeten dan yang rindu melayani Tuhan di bidang konseling.

  3. Mari kita memohon kepada Tuhan Yesus supaya e-Konsel mampu mengembangkan pelayanan "mobile" yang lebih praktis dan mudah diakses oleh pembaca e-Konsel, serta mencetak DVD Konseling untuk memperlengkapi gereja-gereja Tuhan di Indonesia.

  4. Dukunglah e-Konsel dalam doa di hadirat Tuhan Yesus, sehingga kebutuhan dana untuk mengembangkan pelayanan konseling dalam dunia maya dan nyata bisa terus tercukupi, dan bahkan berkelimpahan untuk menolong mitra-mitra yang lain.

Komentar