Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Prioritas Mendidik Anak yang Kurang Normal

Edisi C3I: e-Konsel 304 - Anak Tunagrahita

Tanya:

Bagaimana prioritas mendidik anak yang kurang normal, seperti IQ rendah, cacat fisik (tuli, bisu, atau cacat mental), hiperaktif, autis, dan lain-lain?

Jawab:

Anak-anak dengan kebutuhan khusus harus diberikan perhatian yang lebih, bahkan seharusnya diterapi di tempat-tempat pembimbingan yang memang dikhususkan untuk anak-anak berkebutuhan khusus. Jika orang tua memiliki waktu dan pengetahuan, tidak ada masalah dan hal ini baik. Tetapi jika yang terjadi sebaliknya, lebih baik mereka membawa si anak ke tempat terapi.

Waktu terapi terbaik adalah sebelum anak berumur 8 tahun. Karena itu, jangan tunda-tunda. Jangan juga bersikap konyol dengan mengingkari fakta dengan berkata, "Anak saya normal, saya beriman dan saya imani, saya klaim bahwa dia anak normal dan Tuhan sudah menyembuhkan, anak saya tidak ada masalah." Ini bukan iman, tetapi konyol dan Anda akan menyesal bahwa usia emas anak sudah lewat. Ketika anak bertumbuh menjadi remaja dan tidak sembuh juga, maka terapi sudah tidak bisa mengubahnya lagi, dan penyesalan tidak ada gunanya lagi.

Bacalah kisah-kisah orang sukses, banyak anak-anak kurang sempurna (cacat mental, cacat fisik, tunarungu, dan tunanetra) bisa berkarya dengan luar biasa dengan tetap dalam keadaan cacat mereka. Melalui terapi yang dilakukan dengan benar, maka bakat dan talenta mereka bisa ditemukan dan mereka bisa dibimbing untuk berkarya.

Janganlah membuang anak cacat atau mengurungnya di kamar karena merasa malu. Ini sikap yang tidak produktif yang membuat anak semakin menderita. Sebaliknya, ajaklah anak tersebut ke tempat umum, kenalkan dia dengan banyak orang, biarkanlah citra dirinya pulih, dan diperlakukan dengan wajar. Secara perlahan, cobalah untuk menemukan bakat khususnya dan arahkanlah dia untuk mengembangkannya. Banyak anak yang cacat fisik yang memiliki bakat khusus dalam bidang seni seperti grafis, desain, musik, lukis, dll..

Diambil dan disunting seperlunya dari:

Judul buku : Anak Cerdas, Ceria, Berakhlak
Judul bab : Tanya Jawab
Penulis : Ir. Jarot Wijanarko
Penerbit : PT. Happy Holy Kids, Banten 2010
Halaman : 111

Komentar