Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Apakah Saya Boleh Berbohong pada Istri Demi Kebaikan?

Tanya:

Istri saya tidak bisa mengelola uang dengan baik, sehingga berapa saja uang yang kami punya selalu habis dibelanjakan. Padahal saya ingin bisa menabung. Saya ingin gaji saya dapat disisihkan sebagian untuk simpanan dan saya ingin istri saya bisa membuat perencanaan uang dengan baik. Tapi hal itu sering gagal, sehingga saya ingin mencari jalan lain yaitu dengan berbohong pada istri mengenai gaji bulanan saya. Apakah ini dosa?

Jawab:

Dalam membangun komunikasi keluarga yang baik, faktor yang terpentingnya adalah kejujuran. Ketidakjujuran bukan hanya akan mengikis rasa saling percaya namun juga akan mengakibatkan banyak masalah yang berkepanjangan di kemudian hari. Bila kita berhasil menyampaikan segala hal kepada pasangan secara jujur dan dengan cara yang tepat, maka hasilnya akan jauh lebih baik dan hubungan kalian tidak akan runyam.

Mengenai masalah sulitnya merencanakan keuangan bersama, menurut saran kami sebaiknya dibicarakan secara terbuka untuk menghasilkan kesepakatan bersama. Bila istri Anda sulit memegang uang (karena selalu ingin membelanjakan), lebih baik bila setiap awal bulan direncanakan lebih dulu pengeluaran-pengeluaran penting yang harus dilakukan, sedangkan jika ada sisa uang maka buatlah kesepakatan untuk menyimpan sebagian untuk simpanan dan selebihnya biarkan istri Anda untuk memakainya.

Selain itu buatlah kesepakatan agar masing-masing pihak tidak mengambil keputusan tanpa mengkomunikasikannya lebih dahulu. Dalam membuat rencana/kesepakatan tidak perlu memfokuskan pembicaraan pada kelemahan istri yang menurut Anda tidak mampu mengelola keuangan dengan baik. Diskusikanlah bersama pentingnya menyisihkan sebagian uang setiap bulan untuk menabung untuk hal-hal tak terduga atau perencanaan pengeluaran di masa depan (misalnya biaya sekolah anak- anak, membeli mobil, dsb.). Kalau perlu buatlah sebuah rekening baru bersama-sama yang dikhususkan untuk simpanan saja kecuali jika ada kondisi mendesak.

Keterbukaan seperti ini akan jauh lebih baik dibandingkan melakukan sesuatu secara sembunyi-sembunyi sekalipun motivasi Anda adalah baik. Keterbukaan dan kejujuran juga terbukti efektif dalam meningkatkan kepercayaan masing-masing pasangan. Selamat menabung. (Sil)

Tim Konselor YLSA

Sumber

Komentar