Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Konseling Menurut Perjanjian Baru

Edisi C3I: e-Konsel 010 - Prinsip Konseling

Perjanjian Baru:

Dalam kitab Perjanjian Baru ada sejumlah kata-kata bahasa Yunani yang berhubungan tentang pengertian "konseling". Secara khusus akan kita lihat 1 Tesalonika 5:14, karena didalamnya terdapat lima kata yang semuanya menyinggung pengertian "konseling".

1 Tesalonika 5:14

"Kami juga menasehati (parakaleo) kamu, saudara-saudara, tegorlah (nouthetheo) mereka yang hidup dengan tidak tertib, hiburlah (paramutheomai) mereka yang tawar hati, belalah (antechomai) mereka yang lemah, sabarlah (makrothumeo) terhadap semua orang."

  1. "Parakaleo" -- menasehati, mendorong, mendukung, menghibur (juga dipakai dalam: Rom. 12:1; 15:30; 2 Kor. 1:4).
  2. "Nouthetheo" -- memberikan pengertian, mengingatkan, dan menegur (juga dipakai dalam: Rom. 15:14; 1 Kor. 4:14; Kol. 3:16).
  3. "Paramutheomai" -- menghibur, menguatkan (juga dipakai dalam 1 Tes. 2:11)
  4. "Antechomai" -- memberi perhatian, memegang teguh, menggenggam erat.
  5. "Makrothumeo" -- bersabar (juga dipakai dalam: Mat. 18:26,29; Ibr. 6:15; Yak. 5:7).

Perjanjian Lama:

Selain itu dalam Perjanjian Lama, ada beberapa kata dalam bahasa Ibrani yang mengacu pada arti konseling:

  1. "dabar" -- "nasihat Bileam" (Bilangan 31:16) yang mengacu pada kata nasihat.
  2. "ya'ats" -- "Lalu diamlah nabi itu setelah berkata: 'Sekarang aku tahu, bahwa Allah telah menentukan akan membinasakan engkau, karena engkau telah berbuat hal ini, dan tidak mendengarkan nasihatku!'" (2 Tawarikh 25:16). Ayat ini sekali lagi dijelaskan bahwa konseling mengacu pada kata nasihat dan petunjuk.
  3. "sowd" -- kata yang mengacu pada "bergaul dengan baik" menurut Daud (Mazmur 55:14), yang pernah dialaminya dengan teman lamanya ini memiliki konotasi tentang persekutuan dan sharing.
  4. "eja" -- Daniel menjawab Ariokh "dengan cerdik dan bijaksana" memperlihatkan bahwa ia memberi respon dengan bijaksana.
  5. "etsah" -- bangsa Israel yang tidak punya "pertimbangan" (Ulangan 32:28) memberi kesan tentang tidak adanya pengertian.
  6. "yasad" --"Raja-raja dunia bersiap-siap dan para pembesar bermufakat bersama-sama" (Mazmur 2:2) berarti bahwa mereka duduk bersama untuk saling berkonsultasi, memberi pertimbangan, dan memberi nasihat.

Sumber
Halaman: 
60 - 61
Judul Artikel: 
Counseling & the Nature of Man
Penerbit: 
Baker Book House, Grand Rapids, Michigan, 1982

Komentar