Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Bimbingan Alkitab

Bimbingan Alkitab

Bimbingan Alkitab

Bimbingan Alkitab

Mengembalikan Fungsi Alkitabiah Keluarga

Edisi C3I: e-Konsel 377 - Konseling Keluarga

Diringkas oleh: S. Setyawati

Pola pikir materialistis dapat mengikis mental alkitabiah dan mengganggu fungsi vital sebuah keluarga. Ketika kesadaran akan pemenuhan kebutuhan roh dan jiwa tidak lagi dianggap utama, semua praktik rancangan Tuhan untuk memelihara dan menggembalakan roh dan jiwa berhenti bertumbuh dan mati. ... baca selengkapnya »

Mengidentifikasi Sumber Kemarahan

Edisi C3I: e-Konsel 374 - Sumber Kemarahan

Ditulis oleh: S. Setyawati

Selain akal budi, emosi adalah pemberian dari Tuhan kepada manusia. Emosi yang dimiliki manusia antara lain sedih, senang, jengkel, marah, dst.. Namun, cara seseorang dan yang lain mungkin saja berbeda dalam mengekspresikan emosinya. Ada yang melampiaskan kemarahan dengan kata-kata kasar, kata-kata kotor, umpatan, makian, tindakan fisik yang negatif, bahkan kekerasan fisik lainnya. Ada juga yang menyembunyikan kemarahannya di dalam hati dan meledakkannya saat ia tidak tahan lagi untuk menahannya. ... baca selengkapnya »

Wanita Juga Boleh Menjadi Konselor

Edisi C3I: Edisi 371 - Wanita Kristen sebagai Konselor

Ditulis oleh: S. Setyawati

Peranan kaum perempuan di setiap lini kehidupan kian hari kian besar. Tidak diragukan bahwa kelebihan-kelebihan yang dimiliki kaum perempuan sangat berguna untuk membantunya dalam mengerjakan perannya di banyak bidang, termasuk konseling. Misalnya, kemampuan manajerial dalam mengelola tugas rumah tangga maupun kantor, kemampuan mempromosikan produk-produk kepada publik, bahkan perasaan lembut yang dimiliki wanita yang memampukannya bersimpati dan berempati dalam menolong sesama yang menceritakan masalah mereka kepadanya. Singkatnya, wanita dianugerahi banyak keunggulan yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi duta Kristus di dunia. ... baca selengkapnya »

Alasan Sebenarnya Anda Membutuhkan Natal

Edisi C3I: e-Konsel 367 - Natal

Masa liburan, bonus akhir tahun, menerima hadiah-hadiah sesuai daftar harapan Anda ... tidak ada satu pun di antaranya yang tidak baik. Namun, Anda bisa mendapatkan semua hal itu tanpa Natal. Jadi, hal-hal itu tidak bisa menjadi alasan utama Anda membutuhkan Natal, bukan? ... baca selengkapnya »

Orang-Orang yang Putus Asa

Edisi C3I: edisi 362 - Bahaya Keputusasaan

Dunia penuh dengan orang-orang yang putus asa. Orang-orang yang putus asa hampir melakukan apa saja. Untuk apa kita berputus asa? Apakah Anda pernah merasa putus asa? Apakah Anda sedang putus asa saat ini? ... baca selengkapnya »

Tuhan Sudah Bangkit

Edisi C3I: edisi 359 - Kebangkitan Kristus yang Menyelamatkan

Diringkas oleh: S. Setyawati

Bacaan: Matius 28:2-4, 11-15

Malam menjelang kebangkitan Yesus seolah berjalan begitu lambat. Kristus masih berada dalam kubur, batu besar masih menutup pintu kubur, segel Romawi masih utuh, dan para penjaga Romawi berjaga-jaga. ... baca selengkapnya »

Memaknai Natal

Edisi C3I: edisi 354 - Natal yang Berarti

"Lalu kata malaikat itu kepada mereka: 'Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.'" (Lukas 2:10-11) ... baca selengkapnya »

Suami Adalah Imam dalam Keluarga

Edisi C3I: edisi 348 - Suami dan Keluarga

Diringkas oleh: S. Setyawati

Allah sudah menentukan bahwa yang menjadi imam dalam sebuah keluarga adalah pria. Oleh karena itu, jika Anda adalah seorang pria, Anda adalah seorang imam. Tidak masalah apakah Anda seorang sarjana teologia atau tidak. Tugas seorang imam adalah melayani Tuhan dan melayani orang-orang yang dipercayakan kepadanya: istri dan anak-anak. Pelayanan kaum pria harus diwujudkan dalam tindakan nyata seperti yang diberikan Allah dalam Alkitab. Setiap laki-laki harus diperlengkapi sebagai seorang imam agar dapat melayani di dalam keluarga. ... baca selengkapnya »

Mengajar Anak untuk Bertanggung Jawab

Edisi C3I: edisi 339 - Mengajar Anak Bertanggung Jawab

Setiap anak telah diciptakan menurut gambar dan rupa Allah dan memiliki berbagai kemampuan pribadi dan tanggung jawab yang unik, yang diberikan Allah kepadanya. Untuk dapat mencapai segala potensi yang ada di dalam dirinya, seorang anak harus diajar tentang cara menggunakan hikmat dan kasih karunia Allah dalam membuat keputusan-keputusan yang benar. ... baca selengkapnya »

Proses Pengadilan Yesus

Edisi C3I: edisi - 335 Pengadilan Yesus

Sebagai Injil terawal, Markus memberikan narasi paling awal tentang penyaliban. Markus tentu saja bukan orang pertama yang menceritakannya. Kehormatan itu dimiliki Paulus, yang semua surat aslinya ditulis sebelum Injil mana pun. Paulus sering mengacu pada fakta tentang penyaliban Yesus: ia berulang kali membicarakan tentang kematian Yesus, salib, dan Kristus yang tersalib. Ini merupakan "hikmat dan kuasa Allah", meskipun hal ini menjadi "batu sandungan" bagi orang-orang Yahudi dan "kebodohan" bagi bangsa-bangsa yang tidak percaya kepada Tuhan. Penyaliban Yesus merupakan suatu perwujudan kasih Allah kepada kita, pengorbanan yang memungkinkan penebusan kita, dan jalur transformasi pribadi seperti kematian dan kebangkitan yang terletak pada inti kehidupan orang-orang Kristen (1 Korintus 1:23-24; Roma 5:8; Roma 3:24-25; Galatia 2:19-20; Roma 6:3-4). ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content