Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tips: Menolong Orang-orang yang Merasa Rendah Diri

Edisi C3I: e-Konsel 007 - Siapakah Saya?

Liburan:

Menjelang akhir tahun, banyak orang meluangkan waktu untuk berlibur. Bagi mereka yang telah memiliki keluarga, ini menjadi alasan yang baik untuk berlibur karena anak-anak juga sedang liburan sekolah. Namun, kalaupun tidak ada alasan menemani anak- anak berlibur, sebenarnya setiap orang membutuhkan waktu untuk berlibur, khususnya setelah sepanjang tahun ini dihabiskan hanya untuk bekerja atau melayani (jika anda adalah hamba Tuhan full-time atau pekerja sosial). Waktu libur dapat menjadi waktu "break" untuk melemaskan kembali otot-otot yang kaku karena terlalu tegang dan menyegarkan kembali semangat yang mungkin mulai pudar karena kecapaian. Nah, berikut ini adalah beberapa tips sederhana bagaimana anda bisa memanfaatkan waktu libur dengan baik:

TIPS UNTUK HARI LIBUR

Jika anda akhir-akhir ini sering mengeluh capai dan semangat anda dalam bekerja menurun, apalagi selama setahun ini anda bekerja secara non-stop, maka mungkin sekarang ini saatnya anda perlu berhenti sejenak dan luangkan waktu untuk berlibur.

1. Tinggalkan semua kertas pekerjaan/bisnis anda di kantor, jangan biarkan urusan pekerjaan/kantor mengganggu liburan anda.

2. Apabila ada pekerjaan yang masih harus diselesaikan/dikerjakan sebelum berangkat berlibur, luangkan waktu satu hari sebelum berlibur untuk diselesaikan supaya pikiran anda tidak diganggu dengan urusan-urusan tsb.

3. Kalau anda memiliki anak-anak yang masih di bawah umur, sebagai selingan, aturlah mereka agar bisa ditinggalkan pada keluarga anda (orang tua/kakak/adik) atau teman dekat.

4. Kalau anda tidak sedang dikejar dengan jadwal acara yang harus diikuti, usahakan jangan berlibur dengan ikut tour perjalanan.

5. Jika anda tidak suka berlibur dengan mengunjungi tempat-tempat berlibur, cobalah gunakan waktu berlibur anda untuk mempelajari suatu keahlian baru/menambah keahlian yang sudah ada anda miliki. Ini bukan saja menyenangkan tetapi juga sungguh bermanfaat.

6. Apabila anda merasa hidup anda tertekan selama jangka waktu yang sudah cukup lama, berliburlah sekurang-kurangnya 2 minggu.

7. Pulanglah sehari sebelum liburan anda habis supaya anda dapat menyesuaikan diri dan kembali ke kehidupan normal lagi.

Selamat berlibur!!

Sumber
Halaman: 
321 - 324
Judul Artikel: 
Christian Counseling
Penerbit: 
Word Publishing

Komentar