Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Karakter/Kepribadian

Karakter/Kepribadian

artikel tentang Karakter / Kepribadian

artikel tentang Karakter / Kepribadian

Ujaran Kebencian

Edisi C3I: e-Konsel 414 - Menyikapi Ujaran Kebencian

Maraknya ujaran kebencian di masyarakat Indonesia telah menimbulkan beberapa konflik horizontal. Rasa benci membuat banyak informasi menjadi bias, palsu, dan terjadi penyebaran fitnah. Tenggang rasa, empati, dan persaudaraan menjadi terkoyak hanya karena berbeda pandangan. Bahkan, serangan fisik dan bentrokan terjadi di beberapa daerah karena ujaran kebencian di media sosial. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Seharusnya Orang Kristen Memandang Ujaran Kebencian?

Edisi C3I: e-Konsel 414 - Menyikapi Ujaran Kebencian

Apa yang Alkitab Katakan?

Tidak ada definisi universal resmi mengenai ujaran kebencian. Umumnya, ujaran kebencian merupakan komunikasi yang digunakan untuk secara sengaja menyakiti kelompok apa pun yang ada, termasuk kelompok-kelompok yang dikategorikan berdasarkan etnis, gender, orientasi seksual, atau agama. Tanggapan orang Kristen bergantung pada definisi yang mana yang digunakan untuk mengartikan ujaran kebencian itu.

Komunikasi yang digunakan untuk menghasut kebencian, kekerasan, dan/atau tindakan prasangka. ... baca selengkapnya »

Apa Artinya Diberkati?

Edisi C3I: e-Konsel 408 - Memandang Berkat Tuhan dengan Benar

Saya selalu tertarik dengan gagasan yang disajikan dalam The Arabian Nights ketika Aladin menemukan lampu dan sesosok jin memungkinkannya untuk mengungkapkan keinginan. Itu membuat saya bertanya-tanya, apa yang akan saya pilih jika diberi pilihan semacam itu. Karena saya belum pernah kaya raya, hal-hal pertama yang muncul dalam pikiran adalah kekayaan tanpa akhir, rumah impian, atau perjalanan mewah. Akan tetapi, begitu saya memikirkan hal-hal itu, saya bertanya-tanya apakah itu benar-benar yang saya inginkan. Saya memikirkan beberapa nama yang terus-menerus kita lihat dalam tabloid, dan bertanya-tanya apakah mereka akan menukar semua ketenaran dan kekayaan mereka demi kedamaian batin serta perasaan bahwa apa yang mereka lakukan itu penting. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Seharusnya Orang Kristen Memandang Kekayaan?

Edisi C3I: e-Konsel 408 - Memandang Berkat Tuhan dengan Benar

Jawaban: Pandangan Kristen mengenai kekayaan harus bersumber dari Alkitab. Berkali-kali disebutkan dalam Perjanjian Lama bahwa Allah memberi kekayaan kepada umat-Nya. Salomo dijanjikan kekayaan dan menjadi orang yang paling kaya dari semua raja di bumi (1 Raja-raja 3:11-13; 2 Tawarikh 9:22). ... baca selengkapnya »

Membangun Integritas

Edisi C3I: e-Konsel 404 - Integritas Orang Percaya

Nas Alkitab: (Yakobus 1:19, 22, 23, 26)


"Saudara-saudara yang kukasihi, perhatikanlah ini: hendaklah tiap-tiap orang cepat untuk mendengar, tetapi lambat untuk berbicara, dan lambat untuk marah.... Jadilah pelaku firman dan bukan hanya pendengar saja; jika tidak, kamu menipu diri sendiri. Sebab, jika orang mendengar firman, tetapi tidak melakukannya, ia seperti orang yang sedang mengamati wajahnya di cermin.... Jika seseorang mengira bahwa ia adalah orang yang taat beribadah, tetapi ia tidak dapat mengendalikan lidahnya, ia menipu hatinya sendiri. Ketaatannya itu sia-sia."

Apa yang Alkitab Katakan tentang Integritas?

Edisi C3I: e-Konsel 404 - Integritas Orang Percaya

Apa yang Alkitab Katakan tentang Integritas?

Pertanyaan: "Apa yang Alkitab katakan tentang integritas?"

Jawab: Kamus mendefinisikan integritas sebagai "kepatuhan terhadap serangkaian nilai moral atau artistik, atau ketiadaan cela; tidak mampu disuap atau rusak secara moral". Dalam Alkitab, kata Ibrani yang diterjemahkan sebagai "integritas" dalam Perjanjian Lama berarti "kondisi yang menjadi tidak bercela, kepenuhan, kesempurnaan, ketulusan, kesehatan, kejujuran, keutuhan". Integritas di Perjanjian Baru berarti "kejujuran dan kepatuhan terhadap pola perbuatan yang baik". ... baca selengkapnya »

Integritas -- Kunci untuk Karakter dan Penyembuh Ketidakkonsistenan?

Edisi C3I: e-Konsel 404 - Integritas Orang Percaya

Integritas dikembangkan saat kita belajar dan mempraktikkan beberapa keterampilan tertentu:

  1. Belajar mengembangkan kejujuran personal yang dalam melalui konfrontasi-diri yang radikal. Seseorang yang berintegritas tidak membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas kegagalannya.

Integritas – Kunci untuk Karakter dan Penyembuh untuk Ketidakkonsistenan

Mengapa tampaknya susunan masyarakat kita menjadi terburai di tengah diumbarnya nafsu, ketamakan, dan imoralitas di kalangan tinggi dan rendah? Apa yang sedang terjadi dan ke mana kita menuju? Pernahkah ada masa yang lebih genting dalam sejarah ketika kita membutuhkan orang-orang yang berintegritas?

Kebutuhan akan integritas pada masa kini mungkin sama besar dengan masa-masa sebelumnya. Integritas sangatlah penting jika kita hendak menjadi orang yang memengaruhi orang lain secara positif dan kuat. ... baca selengkapnya »

Membuat Resolusi Tahun Baru Berhasil

Edisi C3I: e-konsel 392-Resolusi Tahun Baru

RENUNGAN
Membuat Resolusi Tahun Baru Berhasil
Ditulis oleh: N. Risanti

Tahun baru menjadi momen yang digunakan oleh banyak orang percaya untuk membuat resolusi tahun baru demi mencapai tujuan hidup atau menjadi pribadi yang lebih baik. Melakukan disiplin rohani secara lebih teratur, membaca lebih banyak, mengurangi gula, mengurangi berat badan, berhenti merokok, berolahraga, mengurangi kebiasaan, sifat, sikap, dan perilaku yang buruk, belajar lebih banyak, bersikap lebih bijaksana, dan sebagainya. ... baca selengkapnya »

Empat Prinsip Kristiani untuk Membuat Resolusi Tahun Baru

Edisi C3I: e-konsel 392-Resolusi Tahun Baru

Dengarkan audio artikel:

"Apa Resolusi Tahun Baru Anda?" ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content