Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Pakar Sarankan Hubungan Seksual untuk Resep Awet Muda

Laporan Ratri Suyani

Awet muda didambakan oleh banyak orang, termasuk pula para selebritis dunia yang berlomba-lomba mencari cara agar tetap awet muda. Salah satunya yang disarankan pakar adalah berhubungan seks. Tidak percaya? Buktikan saja sendiri.

"Hubungan seks bisa membuat orang kelihatan lebih muda," papar Dr Boyke Dian Nugraha DSOG. Hal ini disebabkan tubuh manusia memproduksi hormon pertumbuhan dan zat kimia lain selama berlangsungnya hubungan intim. Misalnya adalah zat endorfin. Zat kimia ini bisa merangsang tubuh dan pikiran untuk tenang dan nyaman.

Tubuh wanita yang mengalami orgasme akan melepaskan hormon oksitosin yang mempengaruhi pusat emosi di otaknya. "Sedangkan pada pria yang secara teratur bisa membantu melepaskan hormon oksitosin ini kepada pasangannya akan merasakan kebahagiaan," tutur Boyke. Hal ini yang membuat pria mendapatkan kehangatan dan perasaan cinta sebagai imbalannya.

Selain itu, perilaku seksual lebih menentukan penampilan awet muda dari seseorang ketimbang perbaikan secara genetis. "Aktivitas seksual dalam hal ini merupakan faktor perilaku terpenting kedua setelah latihan fisik atau olahraga," imbuh Boyke lagi.

Menurut penelitian salah seorang ahli psikologi saraf dari RS Royal Edinburgh, Skotlandia, Dr David Weeks, dari sebuah survei ilmiah dengan responden sebanyak 3.500 orang, hubungan seks selain membuat orang kelihatan lebih muda dari usianya, ternyata juga menyebabkan mereka memiliki hubungan cinta yang baik, kuat dan penuh kasih sayang. Kebanyakan orang-orang yang melakukan hubungan cinta dengan pasangan yang berbeda atau selingkuh justru tampak lebih tua. Dan ini juga diakui oleh Dr Boyke.

Hubungan seksual yang bebas dan sesaat sangat berbeda dengan hubungan seksual yang dilakukan oleh pasangan yang tetap. Faktor stres pada mereka yang melakukan seks bebas justru membuat mereka kelihatan lebih tua. Jadi, kualitas hubungan merupakan faktor yang tidak kalah penting untuk bisa tampil awet muda.

"Rasa senang yang timbul dari hubungan seks adalah faktor yang mebuat seseorang bisa awet muda," ujar Dr Sarlito Wirawan, psikolog. Tak heran, jika seseorang selesai melakukan hubungan seks maka wajahnya akan bersinar dan cerah serta melakukan pekerjaan di kantor lebih baik ketimbang sebelum melakukan hubungan seks.

Dr Weeks selama 10 tahun belakangan ini melakukan studi dalam skala besar yang melibatkan responden dalam jumlah yang besar. Hasil survei terhadap responden yang merasa dirinya lebih muda, mereka rata-rata melakukan hubungan seks tiga kali seminggu. Penampilan fisik mereka pun tampak lebih muda 12 tahun ketimbang mereka yang melakukan hubungan seks hanya dua kali seminggu.

Namun, Boyke tidak memastikan apakah mereka yang berhubungan seks tiga kali seminggu lebih baik ketimbang mereka yang berhubungan seks seminggu dua kali. "Belum tentu. Mungkin saja jika seseorang hanya melakukan dua kali lebih ketimbang yang tiga kali. Atau malah empat kali seminggu justru lebih baik," ujarnya.

Yang jelas, hubungan intim sepasang suami istri akan lebih baik jika dilandasi dengan keinginan masing-masing, bukan paksaan. "Kalau paksaan, apa bisa dikatakan membuat seseorang awet muda," katanya balik bertanya.

Berdasarkan hal ini, tak heran jika banyak para artis dunia yang mengaku melakukan aktivitas seksual dan sehat seperti Goldie Hawn, Joan Collins dan Robin Williams. Bahkan, kabarnya, Michael Douglas yang konon hiperseks kelihatan awet muda juga karena kegemarannya melakukan aktivitas seks.[mgh]


 
Dwi Malistyo
SATUNET
http://satunet.com/artikel/isi/00/01/26/5302.html
Rabu, 26/1/2000, 06:26 WIB
 
 
Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
Milis Ayah Bunda
Penerbit: 
--

Komentar