Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Apa yang Alkitab Katakan tentang Integritas?

Edisi C3I: e-Konsel 404 - Integritas Orang Percaya

Apa yang Alkitab Katakan tentang Integritas?

Pertanyaan: "Apa yang Alkitab katakan tentang integritas?"

Jawab: Kamus mendefinisikan integritas sebagai "kepatuhan terhadap serangkaian nilai moral atau artistik, atau ketiadaan cela; tidak mampu disuap atau rusak secara moral". Dalam Alkitab, kata Ibrani yang diterjemahkan sebagai "integritas" dalam Perjanjian Lama berarti "kondisi yang menjadi tidak bercela, kepenuhan, kesempurnaan, ketulusan, kesehatan, kejujuran, keutuhan". Integritas di Perjanjian Baru berarti "kejujuran dan kepatuhan terhadap pola perbuatan yang baik".

Yesus adalah teladan sempurna dari seseorang yang memiliki integritas. Setelah dibaptis, Ia pergi ke padang gurun untuk berpuasa selama empat puluh hari empat puluh malam. Selama waktu-waktu tersebut, Setan mendekati Dia dalam kondisi-Nya yang paling lemah untuk mencoba memecah integritas-Nya dan merusak Dia.

Yesus sepenuhnya adalah manusia dan sepenuhnya Allah pada saat bersamaan, dan Dia tergoda dalam segala hal seperti halnya kita, tetapi Ia tidak pernah berdosa (Ibrani 4:15); itulah definisi integritas. Dia adalah satu-satunya yang tidak bercela, sempurna, benar-benar jujur, dan selalu menunjukkan pola perbuatan baik. Sebagai manusia berdosa, integritas kita cacat, tetapi integritas Yesus sempurna. Saat kita "dalam Kristus", kita mengambil bagian dalam sifat ilahi-Nya, yang telah diberi sifat baru dalam Kristus (2 Korintus 5:17), dan sifat baru itu adalah integritas, karena itu adalah sifat-Nya.

Alkitab juga menggambarkan integritas sebagai kebenaran. Apa itu kebenaran? Yesus adalah satu-satunya kebenaran sejati dan satu-satunya jalan untuk mencapai hidup yang kekal. Tidak ada yang datang kepada Bapa kecuali melalui Yesus, yang adalah jalan, kebenaran, dan hidup (Yohanes 14:6). Sering kali, Yesus mengucapkan kata-kata-Nya dengan mengatakan, "Sesungguhnya Aku berkata kepadamu," yang pada intinya, berarti "Aku mengatakan kebenaran kepadamu". Yesus tidak pernah berbohong, dan tindakan-Nya mendefinisikan integritas. Begitu kita datang kepada Kristus dengan iman dan pertobatan, Dia memberi kita karunia Roh Kudus yang membantu kita mengembangkan integritas yang tidak dapat binasa. Tidaklah mungkin memiliki integritas sejati tanpa Yesus sebagai Tuhan dan Juru Selamat kita. Kiranya Tuhan memberi kita integritas yang kuat, yang menjadi tidak dapat rusak melalui kuasa Roh Kudus. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : GotQuestions.org
Alamat situs : https://www.gotquestions.org/Bible-integrity.html
Judul asli artikel: : What does the Bible say about integrity?
Penulis artikel: : Tim GotQuestions.org
Tanggal akses : 24 November 2017

Komentar