Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Cara Menentukan Pilihan-Pilihan Resolusi Tahun Baru

Berikut ini adalah tip resolusi tahun baru yang diperkenalkan Nicole Smith. Pilihan-pilihan ini disusun untuk memotivasi dan menginspirasi Anda.

1. Tulislah sepucuk surat: Tulislah sepucuk surat untuk diri sendiri 1, 5, 10, atau 20 tahun yang lalu. Ceritakan kepada diri Anda sendiri bagaimana Anda beranjak dewasa. Ceritakan juga hal-hal yang telah Anda pelajari, pengalaman-pengalaman baru, dan tempat-tempat yang telah Anda kunjungi dan sebagainya. Dalam surat itu, katakan betapa bangganya Anda pada diri Anda sendiri. Surat itu akan menunjukkan kepada Anda hal-hal yang telah diselesaikan tanpa pernyataan resolusi.

2. Tulislah pencapaian-pencapaian Anda yang lalu: Seperti halnya menulis surat, catatlah semua pencapaian Anda (baik pencapaian besar maupun kecil). Setelah Anda daftarkan pencapaian-pencapaian Anda, motivasilah diri Anda dan rayakanlah pencapaian Anda.

3. Tuliskanlah tugas-tugas yang belum diselesaikan: Tuliskanlah tugas-tugas yang belum diselesaikan yang terbayang di kepala Anda -- semua yang Anda kesampingkan dan yang sedang Anda kerjakan. Mungkin daftar Anda panjang, tetapi itulah kenyataannya. Setelah Anda mendaftarkannya, tetapkan skala prioritasnya menurut 4 kategori: 1) penting/tidak mendesak 2) penting/mendesak 3) mendesak/tidak penting 4) tidak penting/tidak mendesak. Mulailah mengerjakan hal-hal yang penting/mendesak dan rayakanlah setiap keberhasilannya.

4. Kirimkanlah kartu: Kirimkanlah kartu, foto keluarga, dan kata-kata motivasi tanpa menunggu sampai Natal. Kirimkanlah kartu-kartu itu agar orang lain tahu bahwa Anda memikirkan mereka.

5. Berdamailah: Perdamaian adalah sesuatu yang sangat sulit dilakukan, entah Andakah yang disakiti atau Andakah yang menyakiti orang lain, ingatlah bahwa Anda hanya hidup sekali saja, jadi biarkanlah yang lalu berlalu. Berdamailah dengan seseorang dari masa lalu Anda karena Anda bisa menjadi cahaya dalam hidup mereka.

6. Nyatakanlah pendapat Anda: Pilihlah seorang teman, anggota keluarga, guru, rekan kerja, dll. Lalu tulislah arti kehadiran mereka bagi Anda, apa yang telah Anda pelajari dari mereka, atau bagaimana mereka menginspirasi Anda.

7. Buatlah papan impian: Belilah papan poster dan buatlah papan impian. Potonglah gambar-gambar rumah, mobil, tempat berlibur, pekerjaan, baju, dan pernikahan impian Anda, orang-orang terkenal yang ingin Anda jumpai, dan sebagainya. Lalu tempelkanlah gambar-gambar itu di papan impian. Papan itu akan memberikan Anda gambaran visual tentang impian Anda dan menginspirasi Anda tiap hari.

8. Ambillah risiko: Hidup terlalu pendek untuk tidak mengambil risiko. Terkadang Anda perlu masuk ke situasi ekstrem untuk mengatasi ketakutan Anda. Jika Anda takut mengambil risiko, ketakutan itu dapat menjadi benteng dalam kehidupan Anda. Ketakutan dapat menghalangi takdir Anda.

9. Berilah dukungan: Setiap orang memunyai saudara/teman yang berubah-ubah dan terbawa arus. Beberapa orang melihatnya seperti orang yang "plin-plan" atau "labil." Menurut saya jenis orang ini adalah orang yang mencoba mengambil keuntungan dari semua kesempatan di depan mereka. Anda mungkin tidak setuju dengan jenis kepribadian ini, tetapi tunjukkanlah dukungan dan kuatkan mereka untuk terus berusaha membuat hidup lebih baik.

10. Jadilah sukarelawan: Jutaan organisasi membutuhkan pertolongan. Kita semua memunyai karunia dan talenta yang dapat dipakai untuk menolong orang lain. Jika Anda tidak memunyai waktu untuk mengabdikan waktu Anda setiap minggu pada sebuah organisasi, jadilah sukarelawan sekali atau dua kali tiap tahun. (t/Uly)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : e-How
Alamat URL : http://www.ehow.com/
Judul artikel : How to Define Alternatives to New Year's Resolutions
Penulis artikel : Nicole Smith
Tanggal akses : 24 November 2010

Komentar