Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Langkah-langkah Menuju Kepenuhan

Bagaimana Anda dapat memperoleh pengampunan, kelepasan dari pikiran dan perilaku berdosa, bertahan dalam pencobaan, dan mengembangkan kebiasaan kudus sehingga Anda dapat menyenangkan Allah dengan seksualitas Anda? Alkitab memberikan beberapa kebenaran penting untuk menolong Anda.

  1. Allah menciptakan Anda sebagai pribadi yang berjenis kelamin (Kejadian 1:27). Dorongan seksual merupakan fakta karunia Allah yang amat indah dalam hidup manusia. Namun jangan lupa, bagaimana tanggapan Anda terhadap dorongan seksual akan memperlihatkan apakah Anda memilih untuk mengikuti jalan Allah dalam mencapai kepenuhan itu atau menuruti jalan Anda sendiri (Galatia 5:16-19).
  2. Pikirkanlah tentang apa yang sebenarnya akan terjadi dalam hati Anda tatkala Anda memilih bentuk pengungkapan seksual yang dilarang Allah. Akuilah bahwa dengan menolak jalan-jalan Allah sebenarnya Anda juga menolak Allah, semata-mata karena ingin menikmati kesenangan seksual dengan segera dan memintas. Akuilah bahwa Anda telah dikejar-kejar oleh kerinduan untuk memuaskan diri sendiri, dan kerinduan untuk menerima pengampunan-Nya (Ibrani 10:22, 1 Yohanes 1:9).
  3. Isilah pikiran Anda dengan pikiran Allah dengan cara mengenal isi Alkitab (Mazmur 119:11). Ingatlah ketika Yesus menghadapi godaan, Dia memilih untuk mengutip tulisan di dalam Alkitab (Matius 4:1-11). Firman Allah yang tertulis adalah "pedang roh," salah satu alat pertahanan kita melawan pencobaan Setan untuk menguasai kita (Efesus 6:17).
  4. Mintalah dan bersandarlah pada pertolongan Allah (Matius 6:13; 7:7-11; Lukas 18:1; 22:40; Roma 8:26-27). Jangan mengandalkan kemampuan Anda sendiri untuk menghadapi pencobaan (Ibrani 4:16). Temukan bahwa penguasaan diri diperoleh dengan membiarkan Roh Allah mengendalikan Anda (Efesus 5:18).
  5. Sadarilah bahwa beriman kepada Tuhan mungkin berarti kesiapan mengalami hal-hal yang tidak enak untuk sementara waktu, daripada segera menikmati tetapi hidup singkat dengan kesenangan-kesenangan itu (Kejadian 39, Ibrani 11:25).
  6. Sadarilah bahwa Allah telah menyediakan jalan bagi Anda untuk melepaskan diri dari setiap pencobaan (1 Korintus 10:13). Cari dan ikutilah jalan itu!
  7. Tetaplah ingat bahwa cinta sejati tidak memperbolehkan Anda memenuhi keinginan-keinginan seksual dengan memanfaatkan orang lain (1 Korintus 13:4-7; 1 Tesalonika 4:6).
  8. Jangan tempatkan diri pada situasi yang pencobaannya akan menjadi besar. Jangan pernah merencanakan untuk berbuat dosa atau mempermudah Anda jatuh ke dalam dosa (Roma 13:14).
  9. Cari pertolongan dan penguatan dari saudara-saudara seiman yang dapat mendukung kerinduan Anda untuk taat kepada Tuhan (Ibrani 10:24,25; Yakobus 5:16).
  10. Jangan berpuas diri atau menjadi terlalu yakin ketika Anda menang terhadap keinginan-keinginan berdosa. Tetaplah berada dalam pimpinan-Nya (1 Korintus 10:12).
  11. Ambil langkah radikal melawan ketidakmurnian. Jangan bermain-main dengannya dan setengah-setengah dalam mengukurnya (Matius 5:27-30). Pikirkan hal-hal apa yang dapat membangkitkan nafsu atau yang membuat tindakan-tindakan tak bermoral menjadi suatu kenikmatan, kemudian ubahlah pola perilaku itu.
  12. Tetaplah mengarahkan pandangan Anda kepada teladan Yesus (Ibrani 3:1; 12:2-4). Percayalah bahwa pada suatu waktu, memilih jalan-Nya akan memampukan kita melihat kebijaksanaan pandangan-Nya.
  13. Kembangkanlah hubungan pribadi yang dekat dengan Yesus dan Dia akan menguduskan Anda (Yohanes 15:1-17).



Diambil dari:

Judul asli buku : How Can We Resist the Lure of Sexual Sin?
Judul buku terjemahan : Seri Mutiara Iman: Bagaimana Mengatasi Godaan Dosa Seksual?
Judul bab : Langkah-langkah Menuju Kepenuhan
Penulis : Kurt De Haan
Penerjemah : Dra. Mariani Santoso
Penerbit : Yayasan Gloria, Yogyakarta 1996
Halaman : 27 -- 28

Komentar