Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Liburan Itu Penting Karena Lebih dari Sekadar Bersenang-Senang

Edisi C3I: e-Konsel 210 - Saran untuk Liburan

Banyak orang yang tidak cukup sering berlibur. Sekitar setengah dari pembaca artikel ini tidak mengambil waktu untuk berlibur setiap tahunnya; bahkan, banyak di antara pembaca yang tidak pernah berlibur! Dengan meningkatnya kesibukan, ketika kita berlibur kita seringkali juga membawa pekerjaan sehingga pikiran kita masih saja berpusat pada pekerjaan yang sebenarnya ingin kita jauhi. Ini adalah hal yang merugikan karena:

  1. Liburan meningkatkan kreativitas.

    Liburan yang baik dapat membantu kita untuk menyediakan waktu bagi diri sendiri dan lebih mengenal diri kita.

  2. Liburan dapat melepaskan kita dari kelelahan.

    Para pekerja yang secara rutin menyediakan waktu untuk bersantai lebih jarang mengalami kelelahan (mental), mereka menjadi lebih kreatif dan produktif daripada rekan-rekan mereka yang sering bekerja lembur, dan jarang beristirahat.

  3. Liburan bisa membuat kita tetap sehat.

    Dengan menyediakan waktu luang untuk "mengisi ulang baterai", maka tingkat stres menjadi lebih rendah, dan menjadikan Anda lebih sehat.

  4. Liburan bisa menguatkan hubungan/ikatan.

    Menggunakan waktu untuk menikmati hidup dengan orang-orang yang dikasihi bisa menguatkan hubungan, membantu Anda lebih menikmati waktu-waktu yang menyenangkan, dan membantu Anda melewati stres serta masa-masa sulit. Suatu penelitian yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan Arizona menemukan bahwa wanita yang menyediakan waktu untuk berlibur ternyata lebih puas dengan pernikahan mereka.

  5. Liburan membantu Anda dalam hal pekerjaan.

    Seperti yang disarankan oleh penelitian di atas, manfaat psikologis dari seringnya berlibur adalah meningkatnya kualitas hidup, yang berimbas pada meningkatnya kualitas kerja.

Yang terpenting, ketika kita menyediakan waktu untuk menjauhkan diri dari stres dalam kehidupan sehari-hari, kita memperoleh waktu istirahat yang kita perlukan supaya kita bisa kembali segar dan dilengkapi dengan lebih baik lagi untuk menghadapi apa pun yang akan terjadi. (t/Ratri)

Dirangkum oleh: Ratri

Tanggal revisi terakhir: 14 Juni 2010

Tanggal akses : 15 Juni 2010

Dirangkum dan diterjemahkan dari:

Sumber
Judul Artikel: 
The Importance of Vacations, for Stress Relief, Productivity and Health
Situs: 

http://stress.about.com/ (About.com)

Komentar