Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Mempertahankan Kristus dalam Natal

Cara pertama untuk mempertahankan Yesus Kristus dalam perayaan Natal Anda adalah dengan mempersilakan Dia hadir dalam kehidupan Anda sehari-hari. Jika Anda tidak yakin dengan apa artinya menjadi orang yang percaya kepada Kristus, bacalah artikel tentang "How to Become a Christian" (Bagaimana Cara Menjadi Seorang Kristen).

Jika Anda sudah menerima Yesus sebagai Juru Selamat Anda dan menjadikan Dia pusat kehidupan Anda, mempertahankan Kristus dalam Natal adalah lebih kepada cara Anda menjalani kehidupan Anda daripada hal-hal yang Anda katakan, seperti "Selamat Hari Natal" atau "Selamat Hari Libur".

Mempertahankan Kristus dalam Natal berarti menyingkapkan karakter, cinta, dan semangat Kristus yang tinggal di dalam diri Anda setiap hari dengan mengizinkan ciri-ciri tersebut memancar melalui perilaku Anda.

Berikut ini adalah cara-cara sederhana untuk mempertahankan Kristus sebagai pusat perhatian hidup Anda pada masa Natal ini.

  1. Berikanlah kepada Allah satu hadiah yang sangat istimewa, dari Anda untuk-Nya.
  2. Biarkan hadiah tersebut menjadi sesuatu yang bersifat pribadi yang tidak perlu diketahui orang lain, dan biarkan hadiah itu menjadi persembahan. Dalam 2 Samuel 24 Daud mengatakan bahwa dia tidak mau mempersembahkan korban yang tidak berharga kepada Tuhan.

    Mungkin hadiah Anda untuk Tuhan adalah memaafkan seseorang yang perlu Anda maafkan sejak lama. Anda mungkin menemukan bahwa Anda telah menerima kembali hadiah tersebut untuk Anda sendiri.

    Lewis B. Smedes menulis dalam bukunya, "Forgive and Forget" (Memaafkan dan Melupakan), "Ketika Anda membebaskan seorang penjahat dari kesalahan, Anda memotong tumor ganas dari dalam hidup Anda. Anda membebaskan seorang tahanan, tetapi Anda mendapati bahwa tahanan yang sesungguhnya adalah diri Anda sendiri."

    Mungkin hadiah Anda akan berupa komitmen untuk menyediakan waktu bersama Tuhan setiap hari. Atau, mungkin ada sesuatu yang Allah minta untuk Anda tinggalkan. Jadikanlah ini hadiah yang paling penting pada masa Natal ini.

  3. Sisihkan waktu khusus untuk membaca kisah Natal pada Lukas 1:5-56 sampai 2:1-20.
  4. Pertimbangkan membaca kisah ini dengan keluarga Anda dan membahasnya bersama-sama.

  5. Meletakkan dekorasi bertemakan kelahiran Yesus di rumah Anda.
  6. Jika Anda tidak memiliki dekorasi Natal, berikut ini adalah beberapa ide untuk membantu Anda membuat dekorasi dengan tema kelahiran Yesus: Kerajinan Tangan Bertemakan Kelahiran Yesus

  7. Rencanakanlah sebuah proyek kebaikan pada Natal kali ini.
  8. Beberapa tahun yang lalu, kami "mengadopsi" seorang ibu tunggal. Teman saya kehabisan uang dan tidak mampu membeli hadiah untuk anaknya yang masih kecil. Bersama dengan keluarga suami saya, kami membeli hadiah untuk keduanya dan mengganti mesin cucinya yang rusak pada minggu Natal. Apakah Anda memiliki tetangga yang sudah tua yang membutuhkan perbaikan di rumahnya atau kebunnya? Carilah seseorang yang sungguh-sungguh membutuhkan, libatkanlah seluruh anggota keluarga Anda dan lihat sampai mana Anda bisa membuat seseorang bahagia: Proyek Amal Natal Terbaik

  9. Ajak kelompok paduan suara Natal menyanyi di sebuah panti jompo atau rumah sakit anak-anak.
  10. Pada satu tahun, para karyawan di kantor tempat saya bekerja memutuskan untuk menggabungkan paduan suara Natal di sebuah panti jompo yang tidak jauh dari sana dengan acara Natal tahunan karyawan kantor kami. Pertama-tama, kita semua bertemu di panti jompo dan mengitari fasilitas itu sambil menyanyikan lagu-lagu Natal. Setelahnya, kami kembali ke pesta kami dengan hati yang penuh kelembutan. Itu adalah pesta Natal kantor terbaik yang pernah kami hadiri.

  11. Berikanlah hadiah kejutan berupa jasa kepada setiap anggota keluarga Anda.
  12. Yesus mengajarkan kira untuk melayani dengan mencuci kaki murid-murid-Nya. Dia juga mengajarkan kepada kita bahwa "Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima" (Kisah Para Rasul 20:35). Usul untuk memberikan hadiah berupa jasa yang tak terduga kepada anggota keluarga Anda adalah untuk menunjukkan kasih dan pelayanan yang meneladani Kristus. Anda boleh mempertimbangkan untuk memberikan pijatan di punggung kepada pasangan Anda, melakukan tugas untuk saudara Anda, atau membersihkan lemari untuk ibu Anda. Buatlah kegiatan ini menjadi lebih pribadi dan bermakna dan lihatlah bagaimana berkat berlipat ganda.

  13. Sisihkan waktu untuk ibadah keluarga pada malam Natal atau pagi Natal.
  14. Sebelum membuka hadiah, sempatkanlah beberapa menit untuk berkumpul bersama sebagai sebuah keluarga dalam doa dan renungan. Bacalah beberapa ayat-ayat Alkitab dan diskusikan arti Natal sesungguhnya sebagai satu keluarga.

  15. Hadirilah kebaktian Natal gereja bersama-sama dengan keluarga Anda.
  16. Jika Anda sendirian di Natal ini atau keluarga Anda tinggal berjauhan, undanglah seorang teman atau tetangga untuk bergabung dengan Anda.

  17. Kirim kartu Natal yang menyampaikan pesan rohani.
  18. Ini adalah cara yang mudah untuk membagikan iman Anda di hari Natal. Jika Anda sudah membeli kartu bergambar rusa – tidak masalah! Anda hanya perlu menulis ayat-ayat Alkitab dan sertakanlah pesan pribadi pada masing-masing kartu. Contoh: Ayat-Ayat Alkitab Pilihan tentang Natal

  19. Tuliskanlah sebuah surat Natal untuk seorang misionaris.
  20. Usul ini sangat berharga untuk hati saya karena saya sendiri menghabiskan empat tahun di ladang misi. Menerima surat selalu membuat saya merasa seperti membuka hadiah yang tak ternilai pada pagi Natal, tidak peduli hari apa pun itu. Banyak misionaris tidak dapat melakukan perjalanan pulang untuk berlibur sehingga mereka dapat menjadi sangat kesepian di hari libur. Tulislah sebuah surat Natal untuk seorang misionaris pilihan Anda, berterima kasih kepada mereka karena telah memberikan hidup mereka dalam pelayanan kepada Tuhan. Percayalah, hal itu akan lebih berarti daripada yang Anda bayangkan!(t/JW)

Diterjemahkan dari:

Nama situs : About.com Christianity
Alamat URL : christianity.about.com
Judul asli artikel : Keeping Christ in Christmas
Penulis : Tidak dicantumkan
Tanggal akses : 11 Oktober 2013

Komentar