Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Mengasihi Adalah Suatu Pilihan dan Kasih Membuat Perbedaan

Edisi C3I: e-Konsel 178 - Kondisi Bertumbuhnya Cinta Kasih

Tips berikut ini merupakan ringkasan dari buku "The Five Love Languages" yang ditulis oleh Gary Chapman, bab 10 dan 11. Ringkasan ini juga bisa digunakan sebagai evaluasi dan bahan diskusi bagi kehidupan cinta kasih Anda.

Memilih untuk mengasihi sesuai bahasa cinta pasangan kita memberikan banyak keuntungan. Mengasihi bisa membantu menyembuhkan luka lama dan memberikan rasa aman, nilai diri, dan perasaan berarti. Namun, sifat naluriah dari jatuh cinta sangatlah jauh berbeda dengan pilihan untuk mau memenuhi kebutuhan emosional pasangan Anda.

  1. Kasih yang kita miliki mungkin hampir habis tanpa kita tahu sebabnya. Kita tidak bermaksud mencelakakan pasangan kita, tetapi kita mungkin mengikuti berbagai jenis aliran yang tidak tepat untuk bisa memenuhi kebutuhan kita. Kita harus jujur dalam menilai pikiran dan tindakan itu bila kebutuhan Anda tidak terpenuhi. Apakah ada cara yang lebih baik untuk memenuhi kebutuhan Anda? Apakah Anda mau menyediakan waktu selama 2 bulan untuk menguji peribahasa: "Berikan, maka itu akan diberikan kepadamu"? Mengapa tidak memulainya sekarang dan melihat apa yang terjadi?

  2. Tujuan yang lebih tinggi adalah mengasihi agar mendapatkan kepuasan dari memberi daripada menerima. Periksalah ekspresi kasih yang sekarang Anda berikan kepada pasangan Anda. Apa yang Anda harapkan sebagai imbalannya? Bila Anda tidak menerima sesuatu sebagai hasilnya, akankah hal itu mengubah perilaku Anda? Kadang-kadang kita mengharapkan hasil yang segera. Ingatlah: "Roma tidak dibangun dalam 1 hari." Kasih lebih penting daripada membangun Roma. Sediakan waktu.

  3. Sekarang, fokuskan pada tindakan kasih yang diinginkan pasangan Anda, yang tidak biasa Anda lakukan. Mungkin Anda akan tertekan atas kegiatan-kegiatan ini, dan perlu kebaikan hati dari pasangan Anda sebagai pengingatnya.

  4. Berarti, nilai diri, dan keamanan. Tiga hal ini penting bagi kita sebagai manusia. Terbukalah dan mudah tersentuh terhadap orang lain dan bagikan bagaimana Anda tidak bisa melakukan semuanya ini seutuhnya tanpa kasih dari orang lain dalam kata-kata dan perbuatan.

  5. Melakukan bahasa cinta yang salah bukanlah tindakan yang netral, tetapi bisa sangat negatif. Konflik yang hebat bisa terjadi karena kesalapahaman atas hal sepele. Urailah kembali hal-hal yang biasa menimbulkan konflik dan lihatlah bagaimana hal-hal itu berhubungan dengan penekanan yang tidak tepat terhadap bahasa cinta.

Untuk Diskusi

Pasangan suami istri sering kali mencoba menjaga keamanan atau nilai diri dengan saling memaksa atau memanipulasi supaya kebutuhan emosional mereka terpenuhi. Dengan kata lain, benar-benar memberikan yang terbaik untuk orang lain bukanlah jaminan dibalas dengan kasih. Diskusikan risiko yang sebenarnya dari kebutuhan Anda yang tidak terpenuhi meskipun Anda sudah memberikan yang terbaik. Prinsip-prinsip apa lagi dalam bahasa cinta yang akan membantu memperkuat pernikahan?(t/Ratri)

Diterjemahkan dari:

Sumber
Halaman: 
198 -- 199
Judul Artikel: 
Love Is a Choice and Love Makes the Difference
Judul Buku: 
The Five Love Languages
Pengarang: 
Gary Chapman
Penerbit: 
Northfield Publishing
Kota: 
Chicago
Tahun: 
1995

Komentar