Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

3 Cara Pendeta Dapat Memberikan Konseling yang Lebih Baik

Perceraian. Depresi. Kematian. Kecanduan. Empat hal dari banyak tantangan memilukan kehidupan di dalam dunia yang jatuh dan hancur ini. Meskipun setiap pendeta tahu bahwa Anda akan diperhadapkan dengan kesulitan-kesulitan ini, tetapi itu tidak sama dengan jika Anda dipersiapkan untuk membantu orang melaluinya ketika hal-hal tersebut terjadi. Sebagai pemimpin pelayanan, orang-orang akan datang kepada Anda dengan segudang masalah dan pergumulannya. Berikut adalah beberapa cara Anda dapat memberikan nasihat dan arahan kepada orang-orang yang Anda temui.

1. Ketahui Kapan Harus Memberi Rujukan

Gambar: mendoakan

Sebagai seorang pendeta, belum tentu Anda merupakan seorang konselor profesional, kecuali Anda memiliki kualifikasi itu. Jika Anda tidak memiliki kualifikasi tersebut, penting untuk menjelaskannya kepada orang-orang yang datang kepada Anda untuk meminta bantuan. Lakukan penelitian sendiri dan milikilah selalu daftar konselor berlisensi dan profesional untuk Anda jadikan rujukan bagi orang yang membutuhkan. Jangan biarkan kesombongan atau pemikiran bahwa Anda lebih tahu menghalangi. Ketahuilah waktu yang tepat untuk memberi rujukan.

2. Ketahui Sebanyak Mungkin

Dapatkan lebih banyak pendidikan konseling. Setidaknya Anda perlu mengetahui dasar-dasar bagaimana harus bereaksi terhadap situasi apa pun yang datang ke kantor Anda. Penting untuk mengetahui apa yang tidak Anda ketahui dan belajar sebanyak mungkin. Teruslah belajar. Terus ikuti perkembangan masalah-masalah terkini, masalah-masalah yang banyak digumuli orang-orang yang Anda layani.

3. Manfaatkan Sistem Pendukung di Gereja Anda

Setiap orang kepunyaan Allah adalah seorang pelayan.
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. WhatsApp
  4. Telegram

Anda bukan satu-satunya pelayan Tuhan di gereja Anda, bahkan jika Anda adalah satu-satunya staf. Setiap orang kepunyaan Allah adalah seorang pelayan. Jangan mencoba melakukan semua pelayanan sendiri. Manfaatkan orang lain untuk memberikan perhatian kepada mereka yang membutuhkannya. Manfaatkan kelompok Anda untuk membantu mereka membangun hubungan dengan orang lain yang dapat mendengarkan dan memberikan dorongan untuk melewati tantangan-tantangan dalam hidup.

Untuk menolong Anda "tahu sebanyak mungkin," silakan akses The Biblical Counseling Library. Bahan ini merupakan tambahan elektronik dari perpustakaan digital Wordsearch yang dapat menolong Anda dalam memberikan konseling yang sehat dan alkitabiah kepada mereka yang terluka. Koleksi bahan ini menekankan pentingnya kehidupan yang berpusat pada Kristus sembari menyediakan nasihat untuk 100 topik berbeda dalam kehidupan nyata. (t/N. Risanti)

Diterjemahkan dari:
Nama situs : Eric Geiger
Alamat situs : https://ericgeiger.com/2018/05/3-ways-pastors-can-provide-better-counseling
Judul asli artikel : 3 Ways Pastors Can Provide Better Counseling
Penulis artikel : Eric Geiger

Komentar