Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Konseling

Konselor, Jangan Lupa Menangis

Air Mata Seorang Konselor ... baca selengkapnya »

Pendeta dan Konseling: Dasar-Dasar Penggembalaan Jemaat yang Membutuhkan

Setelah berada dalam pelayanan pastoral selama hampir 16 tahun, saya tidak pernah menemukan cara untuk menggembalakan tanpa terlibat dalam percakapan pribadi dengan orang-orang yang menderita dan orang berdosa yang membutuhkan kasih karunia Allah. Terlebih lagi, saya tidak pernah menemukan cara untuk menghindar agar tidak menjadi salah satu dari orang-orang bermasalah itu. Jika memang ada perangkat yang dapat memisahkan pelayanan pastoral dari konflik, penderitaan, keengganan untuk mendengarkan, dan percakapan berat yang tak terhindarkan, perangkat itu belum ditemukan. ... baca selengkapnya »

Carilah Hati yang Hancur karena Dosa

Kehidupan Kristen yang jaya dan berkemenangan ditandai dengan ciri yang aneh: jarang terasa penuh kejayaan atau kemenangan.

Dalam kerajaan Allah, kekuatan datang melalui kelemahan (2Kor. 12:9-10), keagungan melalui pelayanan (Mrk. 10:43), dan keutuhan melalui kehancuran (Mzm. 147:3). Seperti yang dinyatakan dalam doa klasik, ... baca selengkapnya »

Masa Depan Konseling Alkitabiah

Seharusnya kita baik dalam hal konseling -- peduli, terampil, dan bijaksana. Seharusnya kita menjadi yang terbaik -- berhati-hati, siap membantu, bersikap praktis. Namun, sering kali kita menjadi payah dan bodoh, kaku atau tidak kompeten. Jawaban lugas, penilaian yang terlalu cepat, sikap terburu-buru, dan solusi kilat terlampau sering menjadi ciri khas. Di mana kebaikan yang bersabar? Di mana perhatian dan perenungan mendalam yang cermat? Di mana kebenaran yang bercahaya dan relevan? Di mana fleksibilitas yang erat dengan kebijaksanaan? Di mana proses pengungkapannya? ... baca selengkapnya »

Persahabatan Melalui Krisis Iman

Pelajaran dalam Konseling Orang Lain

Apa yang kita katakan kepada seseorang yang sedang mengalami krisis iman? ... baca selengkapnya »

Bagaimana Saya Tahu Jika Konselor Ini Tepat untuk Saya?

Mengingat begitu banyak tantangan yang kita alami tahun lalu, tidak mengherankan jika masalah kesehatan mental semakin meningkat. Karena itu, orang Kristen semakin cenderung mempertimbangkan konseling atau terapi sebagai dukungan bantuan. Akan tetapi, sementara mencari konseling mungkin baik, komitmen kita kepada Kristus memunculkan pertanyaan-pertanyaan tentang jenis nasihat yang harus kita cari. Jika metode konseling yang ditemukan dalam profesi bantuan berakar pada sains, apakah metode tersebut "netral"? Apakah memiliki pandangan dunia yang alkitabiah mempengaruhi bentuk konseling yang harus diambil? ... baca selengkapnya »

Mengapa Belajar Alkitab? Fondasi Konseling Kristen

Ternyata, masalah itu ada di mana-mana. Baik orang Kristen maupun orang non-Kristen, semua tidak ada yang steril dari masalah. Dan, melalui realita yang dihadapi, ternyata masalah bisa membawa orang Kristen semakin bertumbuh dalam relasinya dengan Tuhan. Seseorang dapat semakin mengenal siapa Tuhan, seperti apa karakter-Nya, bagaimana cara kerja-Nya, apa yang disukai, apa yang tidak disukai. Masalah bisa menjadi suatu berkat. Akan tetapi, di sisi yang lain, masalah itu juga dapat membuat orang Kristen semakin menjauh dari Allah. Bukan hanya menjauh, bahkan banyak orang yang akhirnya jatuh di dalam kepahitan dan meninggalkan Allah. Ini adalah realita yang kita hadapi. ... baca selengkapnya »

Pengasuhan/Pendampingan Melalui Depresi Pada Anak

oleh Carrie Varnell

Sesuatu terjadi kepada anak-anak antara sekolah dasar dan sekolah menengah. Anda tahu, hal-hal di samping persoalan biologis. Saya tidak yakin itu apa, tetapi saya percaya kalau hal itu juga bagian dari ilmu pengetahuan. Anda pasti pernah mendengarnya. Anda memperhatikannya sungguh-sungguh. Akan tetapi, Anda tidak benar-benar memahami hal tersebut sampai hal itu Anda alami sendiri. Saya yakin bahwa saya sudah mempersiapkan anak-anak saya untuk menghadapi tahun-tahun di sekolah menengah dan mereka akan merindukan saat-saat canggung dalam hidup yang sering kali menakutkan.

Ternyata tidak. ... baca selengkapnya »

Penjara, Tempat untuk Bertobat dan Memulihkan

Edisi C3I: e-Konsel 190 - Melayani Para Narapidana

Kata-kata tajam Juru Selamat kita dalam Matius 25 tentang keterlibatan dengan orang-orang yang terluka,
kekurangan, atau pun terpenjara telah menjadi sejarah awal mula perhatian orang-orang Kristen terhadap para narapidana.
Meskipun merupakan tempat untuk menghukum, penjara tidak hanya harus menjalankan peranan utamanya itu saja.
Pada abad 18, misalnya, Paus Pius IX merancang suatu penjara kepausan untuk para remaja,
menempatkan mereka di sel terpisah dengan tujuan untuk refleksi rohani, bukan penghukuman. ... baca selengkapnya »

Model Alkitabiah untuk Konseling pada Abad ke-21

Edisi C3I: e-Konsel 415 - Konseling Kristen Abad ke-21

Pelayanan pastoral pada abad ke-21 mendorong para pendeta Assemblies of God (Sidang Jemaat Allah) untuk merenungkan apa yang benar-benar penting untuk perawatan jiwa-jiwa di gereja. Struktur keluarga yang berubah-ubah, tekanan waktu yang tidak henti-hentinya, dan banyaknya masalah sinode sering membuat pendeta merasa kewalahan dan terlalu terbebani. Lebih dari sebelumnya, pendeta abad ke-21 harus tetap berlabuh dalam kebenaran dan prinsip firman Allah yang abadi dan tidak berubah. Mengapa? Orang-orang akan terus melihat kepada pendeta mereka sebagai sumber bantuan pertama mereka dibandingkan dengan seorang ahli bidang kesehatan mental[1]. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content