Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Terlalu Sedikit atau Banyak Teman

Dr. Stephen Johnson menyarankan agar Anda menanyakan beberapa pertanyaan berikut ini untuk persahabatan Anda.

  1. Apakah Anda setidaknya punya satu orang yang ada di dekat Anda, yang dapat Anda panggil saat Anda mengalami masalah-masalah pribadi?
  2. Apakah Anda punya beberapa orang yang bisa Anda kunjungi tanpa harus janjian terlebih dahulu dan minta maaf?
  3. Apakah Anda punya beberapa orang yang bisa Anda ajak untuk berbagi kebahagiaan?
  4. Apakah Anda punya orang-orang yang mau meminjami Anda uang saat Anda membutuhkannya, atau mereka yang mau menjaga Anda dengan hal-hal praktis bila kebutuhan itu muncul?

Bila respons Anda terhadap pertanyaan Johnson ini kebanyakan negatif, mungkin persahabatan Anda terganggu oleh kehidupan sosial Anda! Beberapa orang membenamkan diri mereka sendiri pada pesta-pesta dan urusan-urusan yang tidak jelas tujuannya sehingga tidak ada kesempatan untuk membangun hubungan yang erat. Masalah yang sesungguhnya adalah bahwa seseorang tidak bisa memiliki hubungan yang erat dengan lebih dari beberapa orang. Waktu menghalanginya. Persahabatan yang mendalam membutuhkan pengenalan yang bertahun- tahun -- duduk santai bersama di sore hari, berjalan-jalan bersama, dan waktu yang panjang untuk berbincang-bincang. Persahabatan membutuhkan televisi yang dimatikan sehingga Anda berdua (dengan sahabat Anda) bisa saling mengenal satu dengan yang lain. Bila jadwal Anda terlalu padat untuk melakukan hal-hal mengakrabkan diri, maka jadwal itu harus dikurangi. Ben Johnson mengatakan bahwa "kebahagiaan yang sejati tidak hanya terdiri dari teman yang ban yak, tetapi juga dalam nilai dan pilihan".

Beberapa orang merasakan kekuatan yang besar dalam kebersamaan di tengah-tengah banyak orang, dan saya tidak membantah atau menentang kehidupan sosial yang aktif. Yang saya tawarkan adalah menyusun prioritas. Memiliki kedekatan dengan beberapa orang adalah lebih penting daripada menjadi cukup terkenal dan mendapatkan empat ratus kartu Natal setiap tahunnya. (t/Ratri)

Diterjemahkan dari:

Sumber
Halaman: 
23 -- 24
Judul Artikel: 
Too Few Friends dan Too Many Friends
Judul Buku: 
The Friendship Factor
Penerbit: 
Augsburg Publishing House
Kota: 
Minneapolis
Tahun: 
1979

Published in e-Konsel, 15 October 2008, Volume 2008, No. 170


Komentar