Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Menolong Anak Prasekolah yang Berkebutuhan Khusus

ANAK HIPERAKTIF

Anak hiperaktif secara klinis berbeda dengan anak yang tidak dapat duduk diam dalam waktu yang lama. Anak hiperaktif sering memiliki perasaan seperti orang yang terkurung dalam kamar dengan televisi, radio, dan dua mesin penyedot debu yang semuanya dinyalakan secara maksimal dalam waktu bersamaan. Bisakah Anda bayangkan betapa berisiknya hal itu? Sebuah kelas sering kali menjadi "terlalu berisik" bagi anak hiperaktif.

Anak hiperaktif tidak dapat memilah dan memusatkan pikiran pada satu hal pada satu saat. Mereka cenderung terus menerus bergerak baik secara mental maupun fisik. Karena anak hiperaktif tidak dapat duduk diam, tidak dapat mendengarkan, atau bahkan tidak dapat mengerjakan suatu pekerjaan dalam jangka waktu yang lama, maka mereka mengalihkan perhatian dari satu hal ke hal yang lain dan sering kali mengganggu anak-anak lain pada saat yang sama.

  1. Anak hiperaktif membutuhkan kasih dan kesabaran khusus dari Anda. Anak-anak ini sering kali memerlukan bimbingan dan perhatian ekstra dari para orang dewasa di sekitarnya. Jadi, sangatlah bijaksana jika ada pembimbing tambahan ketika anak hiperaktif menjadi bagian dari kelas Anda. Carilah orang yang baik dan penyayang yang akan memerhatikan kebutuhan-kebutuhan khusus anak tersebut.

  2. Bantulah anak hiperaktif untuk memilih aktivitas-aktivitas yang tenang sehingga dapat menolong mengumpulkan energi mereka pada satu tempat. Anak hiperaktif akan berfungsi paling baik jika ia melakukan aktivitas yang paling minimum gangguannya dan yang bisa memusatkan perhatian mereka.

  3. Jangan lupa untuk memerhatikan juga kebutuhan anak-anak lainnya pada saat yang sama. Anda tidak bisa membiarkan seseorang atau beberapa anak mengganggu anak-anak lainnya untuk hal-hal yang tidak perlu atau membuat kekacauan di kelas.

  4. Berbicara secara pribadi, dengan sikap yang penuh kasih dan pengertian, kepada orang tua si anak hiperaktif. Dapatkan informasi langsung dari orang-orang terdekat tentang cara-cara paling efektif untuk merawat anak mereka. orang tua akan sangat menghargai perhatian Anda terhadap keadaan anak tersebut. Karena orang tua mengenal anaknya lebih baik dibandingkan dengan orang lain, maka mereka pasti dapat memberikan saran bagaimana mengadakan pendekatan yang sudah terbukti dapat membantu.

ANAK PEMALU

Anak yang pemalu mungkin cenderung merasa tidak aman dan ketakutan. Mungkin dia memunyai sifat alamiah yang introvert. Setiap anak perlu merasa aman dan dicintai.

Jangan pernah memanggil seorang anak "pemalu" (anak itu mungkin mencoba hidup dengan label yang Anda berikan kepadanya!) Jangan memaksakan anak yang pemalu untuk berbicara di kelompok besar. Jangan pernah mempermalukan anak ketika dia memberi respons! Anak yang pendiam biasanya akan merasa lebih aman berbicara dalam kelompok kecil di mana setiap anak berpartisipasi dengan bebas. Anak seperti ini lambat laun bisa memberi respons dalam kelompok besar setelah memiliki banyak pengalaman dalam kelompok kecil yang informal.

Pastikan anak-anak pendiam menerima perhatian dan dorongan semangat pribadi dari Anda. Sangatlah mudah melupakan mereka. Tolonglah anak-anak pemalu secara konsisten agar mereka merasa diterima dan penting tanpa membuat anak itu pusat perhatian kelompok.

ANAK AGRESIF

Anak yang paling memerlukan kasih sayang dan penerimaan biasanya adalah anak yang sikapnya membuat orang lain merasa terganggu dan kesal. Kecenderungan untuk tidak memberikan kasih sayang kepada anak yang bersikap tidak menyenangkan biasanya mengakibatkan tindakan agresif dan tidak baik karena anak itu sangat ingin diperhatikan.

Seperti dengan anak lainnya, peraturan yang baik adalah menerima anak yang agresif apa adanya, tidak memaksa anak berubah agar mendapatkan perhatian Anda. Akan tetapi, setiap kali ada tindakan positif, pastikan ia tahu bahwa Anda menghargai usaha-usahanya. Teladan baik Anda, saat menunjukkan kasih sayang kepada anak-anak agresif dengan mendorong dan menguatkan mereka, akan membantu mengajarkan kepada semua anak cara-cara untuk berhubungan dengan teman yang lain.

Jika anak yang agresif marah atau melukai anak yang lainnya, Anda perlu tegas, tetapi tetap bersikap ramah. Pisahkan anak agresif dari situasi itu. Terangkan dengan jelas sikap-sikap yang diperlukan agar dia bisa kembali ke kelompok itu. (t/Ratri dan Uly)

Diterjemahkan dan disunting seperlunya dari:

Halaman : 65
Judul Artikel : Helping Children With Special Needs
Judul Buku : Sunday School Smart Pages
Penerjemah : Wes dan Sheryl Haystead (penyunting)
Penerbit : Gospel Light
Kota : USA
Status Bahan : Buku
Tahun Terbit : 1992

Komentar