Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Anak/Parenting

Anak/Parenting

artikel tentang anak dan yang berkaitan dengan anak

artikel tentang anak dan yang berkaitan dengan anak

Mengajarkan Anak Menggunakan Uang

Edisi C3I: e-Konsel 94 - Mengatur Keuangan Keluarga

Cinta akan uang bisa muncul dari dua situasi yang bertolak belakang, yaitu:

  1. Kita dibesarkan di lingkungan dimana uang berlimpah, sehingga kita bisa menikmati hidup dengan mudahnya. Oleh karena itu, kita menjadi terbiasa dengan keberadaan uang di kantong kita, tanpa disadari terbentuklah hubungan cinta antara kita dan uang itu.

  2. Hidup yang sangat sulit dimana susah sekali membeli kenikmatan hidup karena tidak tersedianya uang.

Dua kondisi ini sama-sama berbahaya, sebab Tuhan berkata: "Ini adalah akar, akar dari segala kejahatan."

Hal yang dapat dilakukan orangtua untuk mengajarkan anak menggunakan uang: ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T072B (e-Konsel Edisi 094)

Anak dan Video Games

Edisi C3I: e-Konsel 161 - Anak dan Video Games

Ada orang memberi nama abad kita sekarang ini sebagai abad informasi, abad telekomunikasi, atau abad teknologi tinggi. Saya memanggil abad ini sebagai abad layar karena kalau kita perhatikan, banyak hal yang sekarang kita lakukan, itu dilakukan di depan layar. Yang sekarang sedang marak dan populer adalah permainan video game atau play station. Biasanya video game dan play station ada beberapa jenis: Ada yang untuk hiburan. Ada game yang memang hanya bersifat hiburan, tidak ada tantangan-tantangan

Ada orang memberi nama abad kita sekarang ini sebagai abad informasi, abad telekomunikasi, atau abad teknologi tinggi. Saya memanggil abad ini sebagai abad layar karena kalau kita perhatikan, banyak hal yang sekarang kita lakukan, itu dilakukan di depan layar. Yang sekarang sedang marak dan populer adalah permainan video game atau play station. ... baca selengkapnya »

Sumber
Judul Artikel: 
TELAGA - kaset No. T066B (e-Konsel Edisi 161)

Peran Orang Tua Menghadapi Anak Berpacaran

Edisi C3I: e-Konsel 56 - Pacaran secara Kristen

Mau tidak mau pada suatu saat anak-anak kita juga akan sampai pada proses pacaran. Suatu tahap yang wajar terjadi dalam kehidupan setiap orang. Sebagai orangtua sudah menjadi kewajiban kita untuk tetap membimbing mereka dalam setiap kehidupan mereka. Ada banyak hal yang harus kita perhatikan bila anak-anak ini sudah sampai pada tahap berpacaran. Anda penasaran hal-hal apa saja itu? Simak saja kolom TELAGA berikut ini bersama Pdt. Dr.

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
TELAGA - Kaset T024A (e-Konsel Edisi 056)
Penerbit: 
--

Ekses Keluarga Jarak Jauh

TELAGA dengan topik "Ekses Keluarga Jarak Jauh" ini sebenarnya membahas tentang perpisahan yang terpaksa dilakukan oleh suami atau istri karena harus bekerja di luar kota. Namun ada sebagian percakapan yang membahas tentang orangtua yang ditinggalkan anak- anaknya untuk sekolah ke luar kota/luar negeri. Ringkasan percakapan dari bagian tersebut kami sajikan berikut ini. Apa dampak yang mungkin ditimbulkan dan hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk berpisah dengan anak-anak? Simak jawabannya bersama Pdt. Dr.

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
TELAGA - Kaset T041B (e-Konsel Edisi 045)
Penerbit: 
--

Peran Ayah dalam Pembinaan Anak

Salah satu peran yang dituntut Firman Allah terhadap ayah adalah mendisiplin anak. Dalam materi ini diajarkan bagaimana seorang ayah berperan dalam membina anaknya sesuai dengan Firman Tuhan. ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
TELAGA - Kaset T011A (e-Konsel Edisi 042)
Penerbit: 
--

Apakah Anak Anda Dibully? Inilah 9 Langkah yang Bisa Anda Lakukan sebagai Orangtua

Seperti yang kita semua tahu dengan sangat baik, sebutan yang bersifat mengejek, ejekan kejam, gangguan lewat media internet, dan gangguan secara fisik terjadi setiap hari terhadap anak-anak di seluruh negeri. Ketika anak Anda sedang diganggu, sulit untuk berkonsentrasi pada hal lain —- yang Anda ingin lakukan hanyalah segera menghentikannya. Janet Lehman, MSW menjelaskan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak —- dan apa yang bisa menyakiti mereka dalam jangka panjang.

Pelajaran bagi putra kami adalah bahwa meskipun ia tidak dapat menghentikan orang untuk mengatakan hal-hal yang buruk, ia memiliki beberapa kontrol atas bagaimana caranya menanggapi hal itu. ... baca selengkapnya »

Bagaimana Mendidik Anak dengan Baik?

Edisi C3I: e-Konsel 384 - Konseling Kristen dan Pendidikan

Pertanyaan:

Saya sedang hamil 5 bulan, masih bekerja dan ragu-ragu akan bagaimana saya bisa mendidik anak dengan baik kelak. Saya merasa betapa sulitnya membesarkan anak. Saya dan suami punya keinginan mendidik dan membesarkan anak dalam takut akan Tuhan karena yang saya lihat akhir-akhir ini kekerasan/agresivitas tampaknya juga sudah dimulai pada masa kanak-kanak. Satu pihak, saya ingin anak saya bisa survive dalam hidup dan mempunyai kepribadian tangguh, tetapi di pihak lain saya juga khawatir kalau saya tidak mampu, bagaimana? Apakah memang pola asuh memengaruhi pembentukan kepribadian anak yang agresif, Bu?

Jawaban: ... baca selengkapnya »

Cara Membuat Waktu Tidur Menyenangkan dan Menghindari Kegaduhan

Menyiapkan anak-anak untuk tidur

  1. Pastikan tempat tidur mereka nyaman dan bersih.
  2. Pastikan mereka bersih, berpakaian yang pas untuk tidur, dan hangat.
  3. Jangan membuat mereka terburu-buru.
  4. Membaca dan berdoalah bersama mereka.
  5. Ucapkanlah selamat malam dengan senyum di wajah Anda.
  6. Tetap tersenyum saat Anda menutup pintu, dan berkatalah dengan riang, "Sampai ketemu besok pagi."

Setelah menyiapkan anak-anak untuk tidur ... baca selengkapnya »

Bagaimana Menasihati Remaja Agar Tidak Menyebalkan?

Tanya

Secara umum, jenis disiplin apa yang Anda gunakan terhadap remaja yang memiliki kebiasaan yang menyebalkan orang lain yang tinggal bersamanya?

Jawab

Selain apa yang sudah saya tulis tentang hal ini, izinkan saya mengajukan pemikiran ini: aturan umumnya adalah menggunakan tindakan -- bukan kemarahan -- untuk mencapai pemahaman. Kapan pun Anda bisa membuat remaja melakukan apa yang seharusnya tanpa marah-marah pada mereka, Andalah yang memimpin permainan. Biarkan saya memberikan beberapa contoh tentang bagaimana ini mungkin dicapai. ... baca selengkapnya »

Benarkah Bayi Itu Seumpama Kertas Kosong?

Tanya

Anda menganggap penting masalah tentang bayi yang baru lahir dan apakah mereka terlahir ke dunia dengan temperamen yang kompleks atau sebagai "kertas kosong/putih". Setelah semuanya dipikirkan masak-masak, perbedaan apa yang terjadi? Anak-anak adalah anak-anak, dan kami menerima mereka sebagaimana kami mendapatkan mereka. Mengapa penting apakah mereka mengawali dengan "sesuatu" atau tanpa "apa-apa"?

Jawab ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content