Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Kesehatan

Apa yang Alkitab Nyatakan Mengenai Kanker?

Edisi C3I: c3i September 2019

Apa yang Alkitab Nyatakan Mengenai Kanker?

Pertanyaan: Apa yang Alkitab nyatakan mengenai kanker?

Jawaban: Secara khusus, Alkitab tidak mengatakan apa pun tentang penyakit kanker. Namun, tidak berarti bahwa Alkitab tidak membahas masalah penyakit. Raja Hizkia sakit dari "barah" (2 Raja-raja 20:6-8), istilah yang mungkin merujuk pada kanker. Jadi, meskipun kata "kanker" tidak ada di Alkitab, ada kondisi-kondisi yang dijelaskan di dalamnya yang mungkin sekali merupakan kanker. ... baca selengkapnya »

Peran Konseling Awam: Sakit Parah/Terminal dan Depresi

Edisi C3I: c3i September 2019

Reaksi alami bagi individu-individu dengan sakit tak tersembuhkan adalah depresi. Para ahli psikologi umumnya percaya bahwa depresi juga merupakan salah satu mekanisme pertahanan tubuh yang dipilih individu di tengah posisi dan kondisi kritis yang tak terhindarkan. Dengan mekanisme ini, individu tersebut masih dapat memiliki "sense of life - perasaan hidup" sehingga dia dapat mengeluh, menangis, marah, meratap, dan mempunyai setitik pengharapan. Dia memilih posisi "cry for help/ketidakberdayaan", yang mengundang belas kasihan dari dirinya sendiri, sesama manusia, dan dari Allah. Tanpa mekanisme pertahanan tubuh ini, individu hanya mempunyai satu kemungkinan yaitu bunuh diri. ... baca selengkapnya »

Aborsi: Masalah Etis Rohani

Edisi C3I: e-Konsel 109 - Aborsi

Masalah aborsi merupakan persoalan kontroversial yang mesti dicermati dengan lemah lembut dan penuh kehati-hatian. Penyajian informasi yang tidak berimbang juga sering mengundang reaksi keras, seakan-akan semua pelaku aborsi bayi dalam janin adalah para pembunuh berdarah dingin. Bagi para wanita muda yang hamil di luar pernikahan, pilihan aborsi acap kali merupakan keputusan yang diambil dengan penuh kebingungan, ketakutan, dan keputusasaan - jauh berbeda dengan profil seorang pembunuh berdarah dingin. Bagi mereka dan bagi banyak wanita lain, aborsi merupakan suatu jalan keluar yang menyakitkan dan memang demikianlah seharusnya karena ada hal- hal dalam hidup ini yang tak akan terselesaikan melalui proses rasionalisasi yang seberapa canggihnya pun. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content