Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

e-Konsel, 01 November 2007, Volume 2007, No. 147

Memahami Remaja
Editorial

Editorial

Edisi C3I: e-Konsel 147 - Memahami Pemuda

Usia remaja boleh dibilang usia yang "tanggung" atau usia transisi menuju kedewasaan. Umumnya pada masa-masa ini, anak usia remaja akan

Artikel

Remaja, Mencari Identitas dan Pengakuan

Tidak sedikit orang tua yang mengeluhkan anak remajanya susah diajak bicara dan perilakunya sukar dimengerti.

Ada dua hal utama yang menjadi perhatian remaja. Pertama, identitas dan kepribadian. Sedang yang kedua, remaja membutuhkan pengakuan.

  1. Identitas dan Kepribadian

    Penulis pernah dititipi anak remaja. Dari percakapan terbuka dengannya, penulis mendapat informasi bahwa remaja ini pernah tertarik merokok karena memerhatikan bagaimana pemuda-pemuda pengangguran di depan rumahnya begitu menikmati menghisap rokok pada pagi hari. ... baca selengkapnya »

    Sumber
    Halaman: 
    34 -- 37
    Judul Artikel: 
    Kalam Hidup, Edisi Januari 2005, Tahun ke-75 no. 707
    Penerbit: 
    Yayasan Kalam Hidup, Bandung 2005
Telaga

Perkembangan Remaja Putra-Putri (I)

Edisi C3I: e-Konsel 147 - Memahami Pemuda

Yang disebut remaja adalah anak-anak yang berusia sekitar 11 -- 20 tahun. Masa remaja adalah masa pertumbuhan, jadi anak-anak remaja ini belum mencapai bentuk akhir dari tubuhnya.

Bagi remaja pria, pada waktu-waktu tertentu suaranya akan berubah sebagai bagian dari perubahan fisik yang khas bagi pria. Yang penting hal ini dirayakan, dalam pengertian dimengerti dan disambut. Jangan sampai si anak pria ini menjadi malu karena diolok-olok oleh orang tuanya, suaramu kok jadi begini, sebentar kecil, sebentar keras, sebentar tinggi, sebentar rendah, sebentar seperti perempuan, kok tidak pecah seperti pria lainnya. Hal seperti ini sebaiknya jangan dipermasalahkan oleh orang tua. ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
TELAGA - Kaset T056A
Penerbit: 
--
Tips

Konseling kepada Remaja

Sekitar tahun 1950, pengaruh terbesar dalam kehidupan remaja adalah rumah. Selanjutnya adalah sekolah, gereja, teman sebaya, dan televisi. Sebuah survei yang diadakan tahun 1990 menunjukkan bahwa teman sebaya memunyai pengaruh terbesar dalam kehidupan remaja, berikutnya adalah musik rap, televisi, rumah, dan sekolah. Gereja bahkan tidak masuk dalam daftar itu! ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
318 -- 319
Judul Artikel: 
Leadership Handbook of Outreach and Care
Penerbit: 
BakerBooks, Michigan 1997
Referensi

Berkomunikasi dengan Anak Remaja

Tanya:

Sejak anak saya memasuki usia remaja, sikapnya mulai berubah. Dia lebih sering diam di kamarnya dan tidak banyak bicara dengan kami lagi. Namun, dia dapat menghabiskan waktu berjam-jam bercakap-cakap melalui telepon. Apakah ini gejala yang wajar atau tidak? Bagaimanakah cara menghadapinya? ... baca selengkapnya »

Info

Stop Press

Edisi C3I: e-Konsel 147 - Memahami Pemuda

NATIONAL COUNSELING WORKSHOP LK3 ... baca selengkapnya »

Komentar