Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I
Loading

Tanya-Jawab

Tanya-Jawab

Tanya-Jawab

Tanya-Jawab

Bolehkah Berpacaran Atau Menikahi Orang Bukan Kristen?

Pertanyaan:

Apakah benar bagi orang Kristen untuk berpacaran atau menikahi orang bukan Kristen? ... baca selengkapnya »

Sumber
Halaman: 
--
Judul Artikel: 
Got Questions
Penerbit: 
--

Bagaimana Mendidik Anak dengan Baik?

Edisi C3I: e-Konsel 384 - Konseling Kristen dan Pendidikan

Pertanyaan:

Saya sedang hamil 5 bulan, masih bekerja dan ragu-ragu akan bagaimana saya bisa mendidik anak dengan baik kelak. Saya merasa betapa sulitnya membesarkan anak. Saya dan suami punya keinginan mendidik dan membesarkan anak dalam takut akan Tuhan karena yang saya lihat akhir-akhir ini kekerasan/agresivitas tampaknya juga sudah dimulai pada masa kanak-kanak. Satu pihak, saya ingin anak saya bisa survive dalam hidup dan mempunyai kepribadian tangguh, tetapi di pihak lain saya juga khawatir kalau saya tidak mampu, bagaimana? Apakah memang pola asuh memengaruhi pembentukan kepribadian anak yang agresif, Bu?

Jawaban: ... baca selengkapnya »

Bagaimana Menasihati Remaja Agar Tidak Menyebalkan?

Tanya

Secara umum, jenis disiplin apa yang Anda gunakan terhadap remaja yang memiliki kebiasaan yang menyebalkan orang lain yang tinggal bersamanya?

Jawab

Selain apa yang sudah saya tulis tentang hal ini, izinkan saya mengajukan pemikiran ini: aturan umumnya adalah menggunakan tindakan -- bukan kemarahan -- untuk mencapai pemahaman. Kapan pun Anda bisa membuat remaja melakukan apa yang seharusnya tanpa marah-marah pada mereka, Andalah yang memimpin permainan. Biarkan saya memberikan beberapa contoh tentang bagaimana ini mungkin dicapai. ... baca selengkapnya »

Benarkah Bayi Itu Seumpama Kertas Kosong?

Tanya

Anda menganggap penting masalah tentang bayi yang baru lahir dan apakah mereka terlahir ke dunia dengan temperamen yang kompleks atau sebagai "kertas kosong/putih". Setelah semuanya dipikirkan masak-masak, perbedaan apa yang terjadi? Anak-anak adalah anak-anak, dan kami menerima mereka sebagaimana kami mendapatkan mereka. Mengapa penting apakah mereka mengawali dengan "sesuatu" atau tanpa "apa-apa"?

Jawab ... baca selengkapnya »

Bolehkah Wanita Memberi Konseling Kepada Pria?

Edisi C3I: Edisi 371 - Wanita Kristen sebagai Konselor

Tanya:
Bagaimana pandangan Alkitab tentang wanita yang memberi konseling kepada pria, dan dapatkah Anda memberi saya referensi pendukung dari Kitab Suci tentang hal ini? Saya tahu bahwa para tua-tua gereja dipanggil untuk berkhotbah dan mengajar, tetapi apakah dalam pengertian yang sama, konseling juga dianggap mengajar? ... baca selengkapnya »

Nasihat untuk Orang Tua Tunggal

Beberapa bulan yang lalu, saya berkesempatan bertemu dengan seorang ibu tunggal, yang selanjutnya menulis surat kepada saya dengan sebuah pertanyaan tentang menjadi orang tua tunggal. Oleh karena itu, saya menghubungi teman saya, yang keluarganya saya kagumi dan bertanya apakah dia mau ikut serta dalam postingan blog tanya jawab hari ini. Rhonda Crosby dengan senang hati menyetujuinya dan memberikan jawaban bijaksana ini. Meskipun hal ini ditujukan bagi para orang tua tunggal, saya ingin memostingnya secara online karena saya pikir hal ini pasti membuat kita semua memikirkan tentang bagaimana mendukung dan melayani keluarga-keluarga seperti ini di gereja kita. ... baca selengkapnya »

Bolehkah Bercerai Karena Suami Punya WIL?

Edisi C3I: e-Konsel 369 - Konseling Pasutri

Tanya:

Suami saya ternyata punya WIL dan mereka sudah punya anak dari hubungan itu. Meski sudah dibina dalam gereja dan konselor, suami saya masih menjalin komunikasi dengan wanita tersebut dengan alasan anak mereka. Apa yang harus saya perbuat? Apakah karena saya sudah mengampuni, saya harus mengizinkan mereka tetap berlaku seperti itu? Apakah saya boleh/harus bercerai? ... baca selengkapnya »

Mengelola Perusahaan

Tanya

Kedua orang tua saya meninggal beberapa tahun yang lalu. Perusahaannya diwariskan kepada saya. Saya berusaha keras meneruskan dan mempertahankannya. Akan tetapi meskipun demikian, keadaan perusahaan saya menjadi bertambah buruk, sampai-sampai saya hampir kehilangan segalanya. Saya memerlukan pertolongan, Bapak.

Jawab

Anda bukan saja harus menerima kematian orang tua Anda, tetapi juga harus memikul tanggung jawab yang ditinggalkan oleh mereka. Anda berada dalam posisi yang sulit, bukankah demikian? ... baca selengkapnya »

Bagaimana Menolong Anak Saya yang Cacat?

>Tanya

Bapak Palau, anak saya lahir dalam keadaan cacat. Kakinya pendek sebelah. Setahun setengah kemudian, ia kehilangan tiga jari tangannya dalam sebuah kecelakaan. Walaupun demikian, ia dapat menulis dengan baik, dapat bermain-main, dan sangat aktif. Akan tetapi, kelak bila ia dewasa, saya pikir ia akan menderita secara psikologis karena ia cacat. Bagaimanakah saya dapat menolong anak saya?

Jawab

Anda tadi mengatakan bahwa keadaan cacat jasmani anak Anda tidak menghalangi dia unggul dalam beberapa kegiatan fisik. Bapak senang mendengarnya. Akan tetapi, Anda belum memberi tahu saya apa yang membuat anak Anda cacat sejak lahir, dan berapa umurnya? ... baca selengkapnya »

Kebohongan Demi Kebaikan

Tanya:

Ayah saya meninggal dunia satu tahun yang lalu. Saya mengetahuinya karena seseorang menelepon saya untuk memberi tahu saya. Saya tidak mengatakan hal itu kepada ibu saya karena saya tidak mau ia menderita. Oleh karena itu, saya berbohong.

Namun, kemudian ibu saya mengetahui hal itu, dan ia mengatakan bahwa ia tidak akan pernah memaafkan saya. Saya tidak dapat berkata apa-apa lagi. Setiap malam saya menangis dan tidak bisa tidur. Saya merasa bersalah atas keadaan yang menjadi begini. Ibu saya sekarang sering minum minuman keras. Bapak Palau, saya memerlukan nasihat Bapak.

Jawab: ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content