Klik x untuk menutup hasil pencarianCari di situs C3I

Konseling Pastoral

Nasihat bagi Mereka yang Mempertimbangkan Transgender

Wawancara dengan John Piper
Topik: Seri Homoseksualitas: Tanyakan Pastor John
Nasihat bagi Mereka yang Mempertimbangkan Transgender

Berikut ini adalah transkrip dari audio. ... baca selengkapnya »

Membantu Orang-orang "Sulit" di Gereja Anda

Salah satu aspek yang paling menantang dari pelayanan pastoral adalah berhadapan dengan orang-orang sulit. Mereka adalah orang-orang yang membutuhkan bantuan tetapi tampaknya menantang Anda di setiap kesempatan ketika Anda mencoba untuk memberikan bantuan itu. Bagaimana seharusnya gereja merespon dan melayani dalam situasi ini? Setiap orang harus berhubungan dengan orang-orang sulit — dan kebanyakan dari kita sendiri adalah orang-orang sulit pada satu waktu atau waktu yang lain! Oleh karena itu, setiap orang Kristen harus tahu bagaimana Injil membimbing kita dalam hubungan-hubungan ini. ... baca selengkapnya »

Konseling Pranikah

Menurut pendapat saya, melewatkan konseling pranikah Kristen yang alkitabiah adalah salah satu alasan utama yang menyebabkan angka perceraian di gereja begitu tinggi. ... baca selengkapnya »

Teknik Konseling Praktis

Teknik Konseling Praktis

"Jadi kami ini adalah utusan-utusan Kristus, seakan-akan Allah menasihati kamu dengan perantaraan kami; dalam nama Kristus kami meminta kepadamu: berilah dirimu didamaikan dengan Allah." (2 Kor. 5:20) ... baca selengkapnya »

Nasihat untuk Orang Tua Tunggal

Beberapa bulan yang lalu, saya berkesempatan bertemu dengan seorang ibu tunggal, yang selanjutnya menulis surat kepada saya dengan sebuah pertanyaan tentang menjadi orang tua tunggal. Oleh karena itu, saya menghubungi teman saya, yang keluarganya saya kagumi dan bertanya apakah dia mau ikut serta dalam postingan blog tanya jawab hari ini. Rhonda Crosby dengan senang hati menyetujuinya dan memberikan jawaban bijaksana ini. Meskipun hal ini ditujukan bagi para orang tua tunggal, saya ingin memostingnya secara online karena saya pikir hal ini pasti membuat kita semua memikirkan tentang bagaimana mendukung dan melayani keluarga-keluarga seperti ini di gereja kita. ... baca selengkapnya »

Elizabeth Prentiss -- Memercayai Allah dalam Tragedi

Blogger yang menulis artikel ini adalah Susan Verstraete. Susan adalah seorang guru sekolah minggu dan seorang pemimpin kelompok diskusi buku di Faith Community Church di Kansas, North. Di sana, ia juga melayani sebagai sekretaris gereja. Susan dan suaminya, Michael, memiliki dua anak laki-laki yang sudah dewasa, Patrick dan Christopher. Buku yang ditulis Susan, "Your People: Stories from Church History" tersedia di toko buku Amazon. ... baca selengkapnya »

Mendampingi Orang yang Akan Meninggal

Edisi C3I: e-Konsel 270 - Percakapan Pastoral Menjelang Kematian

Bila Anda mengetahui bahwa sebentar lagi Anda akan meninggal, apa yang akan Anda lakukan? Seseorang yang tahu bahwa dia akan meninggal kemungkinan besar akan mengalami penurunan, entah itu harapannya atau kondisi emosinya. ... baca selengkapnya »

Mendampingi Orang Sakit

Edisi C3I: e-konsel 269 - Konseling Pastoral bagi Orang Sakit

Dalam banyak hal, sulit bagi kita untuk memisahkan efek penyakit dan penyebabnya. Rasa sakit, perasaan tidak berdaya, emosi, dan reaksi keluarga terhadap suatu penyakit, bisa menjadi efek sekaligus juga penyebab masalah fisik dan penyesuaian lainnya. Banyak reaksi, seperti rasa bersalah atau amarah, dapat memperburuk penyakit dan memperparah sakit fisik. Hal ini membuat perasaan bersalah atau amarah semakin bertambah, dan "lingkaran setan" pun berkembang.

Mudah bagi kita untuk memerhatikan efek negatif suatu penyakit, tetapi sulit untuk melihat manfaat positif yang lebih banyak. Salah satu penelitian atas 345 pria korban serangan jantung menunjukkan bahwa, ketika mereka mengeluhkan penyakit mereka dan menyalahkan orang lain (mengungkit-ungkit masalah dengan keluarga, misalnya, atau tekanan di tempat kerja), kemungkinan besar mereka akan berpikir tidak sehat dan mengalami serangan jantung lainnya. Hal-hal ini akan sangat berbeda bagi orang-orang yang dapat melihat beberapa hal bermanfaat di balik serangan jantung yang mereka alami. Orang-orang tersebut sering kali mengubah nilai hidup dan cara pandang rohani mereka, berusaha untuk mengembangkan hubungan interpersonal, berusaha untuk mengurangi stres, dan merawat tubuh mereka dengan lebih baik. Hasilnya, reinfarksi (serangan jantung lanjutan) berkurang dan rasa sakit menurun. Oleh karena itu, efek penyakit tidaklah selalu negatif. ... baca selengkapnya »

Perlawatan Orang Sakit

Edisi C3I: e-konsel 268 - Lawatan Pastoral

Dirangkum oleh: Sri Setyawati

Orang sakit kerap kali berkeluh kesah, lebih-lebih kalau sakitnya sudah cukup lama. Yang cukup berat, kalau kondisi tubuhnya merosot pelan-pelan. Karena itu, keluh kesah, kekecewaan, putus asa, marah, tidak mau lagi berdoa, menumpuk menjadi satu. Tidak hanya yang sakit yang mengalami hal itu, tetapi juga keluarganya. Kemungkinan besar, mereka pun ikut hanyut dalam situasi itu. ... baca selengkapnya »

Komentar


Syndicate content